Sudah Benar Cara Sikat Gigi Anda? Berikut Ini Penjelasan Usman Sumantri

Sudah Benar Cara Sikat Gigi Anda? Berikut Ini Penjelasan Usman Sumantri

Ilustrasi: Sikat gigi-Pixabay/@slavoljubovski -

JAKARTA, DISWAY.ID--Kebiasaan menyikat gigi pada masyarakat Indonesia memang sudah baik, tetapi masih banyak di antara mereka yang keliru dalam penerapannya.

Hal tersebut merujuk pada data Riskesdas 2018 yang mencatat dari 94,7 persen masyarakat yang memiliki kebiasaan menyikat gigi setiap hari.

Ternyata hanya 2,8 persen yang telah menyikat gigi dengan benar. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

BACA JUGA:Awas! Stres Berkepanjangan Bisa Ganggu Kesehatan, Berikut 5 Tips Menghindarinya

Selain permasalahan ketepatan waktu menyikat gigi, Usman juga menyoroti perbedaan pemahaman mengenai definisi "sakit gigi" antara praktisi kesehatan dengan masyarakat.

Kebanyakan orang itu bangun tidur, sikat gigi, sarapan, berangkat ke sekolah atau ke kantor. Begitu juga mau mandi sore, dia sikat gigi, padahal seharusnya sikat gigi kan sebelum tidur.

"Ini yang memang mesti diubah, perilaku orang sehingga kesehatan giginya bisa dipertahankan," kata Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg. Usman Sumantri, M.Sc dalam konferensi pers virtual, Selasa 23 Maret 2022.

BACA JUGA:Ada Batas Jam Makan Malam yang Bagus Buat Kesehatan Nggak Sih?

Ia mengatakan saat ini masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa sakit gigi berarti ketika sudah dalam kondisi berdenyut-denyut.

"Kami menganggap gigi berlubang sedikit saja itu sudah sakit. Sudah gejala-gejala perubahan pada warna gigi, mungkin ada spot-spot, itu sudah menunjukkan ke arah karies," ujar Usman.

Kesehatan gigi, kata Usman, sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup hingga rasa percaya diri terkait penampilan seseorang.

BACA JUGA:5 Tips Cegah Impoten Pada Pria, Kesehatan Mental Ternyata Juga Berpengaruh Lho!

"Belum lagi masalah estetikanya. Jadi kalau sudah banyak gigi hilang, otot-otot wajah juga akan terpengaruh, akan turun. Dan itu, barangkali mempercepat orang terlihat lebih tua dari umur sebenarnya," katanya.

Apabila kesehatan gigi terganggu, maka fungsi pengunyahan juga ikut terganggu sehingga dapat memicu masalah pada sistem pencernaan seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: drg. usman sumantri

Berita Terkait