Bakal Jalani Prosesi Siraman, Ini 7 Sumber Mata Air yang Digunakan Kaesang Pangarep

Senin 05-12-2022,18:18 WIB
Reporter : Amanda Fanny
Editor : Amanda Fanny

JAKARTA, DISWAY.ID - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep bakal segera melepas masa lajangnya.

Tinggal menghitung hari, adik dari Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu itu akan mengikat janji suci dengan wanita pilihannya, Erina Gudono.

Persiapan pernikahan Kaesang dan Erina kini tengah menjadi sorotan publik.

Diketahui, Kaesang dan Erina akan menggelar pernikahan selama 2 hari, pada 10-11 Desember 2022 di Jogja dan Solo.

Namun, sebelum melangsungkan akad nikah pada 10 Desember, ada beberapa rangkaian prosesi adat yang dijalani oleh Kaesang dan Erina Gudono.

Salah satunya adalah upacara adat siraman Kaesang Pangarep, yang akan dilangsungkan di kediaman Sumber, Solo, pada Jumat pekan ini. 

Memiliki makna pembersihan secara fisik, dalam upacara adat siraman ini, calon pengantin akan diguyur dengan air yang diambli dari 7 sumber mata air.

BACA JUGA:Tinggal Selangkah Menuju Pelaminan, Erina Gudono Justru Dibuat Galau Karena Hal Ini

BACA JUGA:Ditunjuk Jokowi Langsung, 2 Sosok Ini jadi Jubir Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono!

7 Sumber Mata Air yang Digunakan Kaesang Jelang Nikahi Erina Gudono

Juru bicara pernikahan Kaesang dan Erina, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan sumber mata air yang digunakan untuk siraman Kaesang sama seperti yang digunakannya dulu saat menikahi Selvi.

"Tujuh sumber mata air rumah Eyang, Masjid Al Wusto, Masjid Agung Solo, Puro Mangkunegaran, Keraton Kasunan Solo, sumber mata air Pengging, dan rumah sendiri," kata Gibran ditemui di Balai Kota Solo, Senin, 5 Desember 2022. 

Wali Kota Solo itu mengungkapkan nantinya yang menyirami Kaesang saat siraman adalah beberapa orang yang sudah pernah punya hajat mantu. 

Termasuk kerabat dari Presiden Jokowi dan Iriana.

"Nyirami yang sudah pernah mantu, semua berarti, semua pakde bude yang pernah mantu (menikahkan anaknya). Ada semua dari keluarga bapak atau ibu. Nanti dilihat saja," jelasnya.

Kategori :