7 Cara Merawat Tanaman Saat Musim Hujan, Dijamin Tumbuh Subur

Kamis 29-12-2022,15:21 WIB
Reporter : Mohammad Farikh Ali
Editor : M. Ichsan

2. Pastikan pot tanaman memiliki lubang drainase yang cukup

Lubang-lubang pada pot tanaman sangat penting untuk mengalirkan air keluar pot. Karena itu, selalu perhatikan lubang drainase yang berada di bawah pot.

Jangan sampai lubang tersebut terganggu, yang menyebabkan air tertahan di dalam tanah. Kelebihan air di dalam tanah akan membuat akar menjadi busuk.

3. Perhatikan kondisi tanah

Saat musim hujan, tanah akan menyerap air lebih banyak dari biasanya. Namun, terlalu banyak air bisa membuat tanah terhanyur dari dalam pot.

Oleh sebab itu, pastikan kondisi tanah tidak terlalu basah dan kering. Tanah yang kering bisa menghambat lubang drainase di bawah pot.

BACA JUGA:Arman Hanis Ungkap Sambo yang Bongkar Penembakan Brigadir J Bukan Bharada E, Kok Bisa?

BACA JUGA:Apa Itu Pendarahan Otak? Kondisi Medis yang Bisa Berujung Kematian

4. Lakukan pemangkasan tanaman secara teratur

Tak melulu menyiramnya, tanaman juga harus dipangkas dengan teratur agar tidak terserang penyakit. Jangan lupa untuk memangkas daun dan cabang tanaman yang sudah mati.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan saat sebelum musim hujan. Pemangkasan saat musim hujan hanya akan membuat tanaman terkena infeksi jamur.

5. Letakkan cacing tanah di sekitar tanaman

Cacing tanah memiliki manfaat yang cukup signifikan saat musim hujan. Cacing tanah dipercaya dapat meningkatkan kesuburan tanah sehingga tanaman akan tetap sehat.

Selain itu, keberadaan cacing tanah dapat membuat lubang di dalam tanah yang memungkinkan air lebih cepat terserap ke permukaan tanah.

BACA JUGA:Intip Cara Tentukan Kuota Sekolah SNBP 2023, Catat Syarat jadi Siswa Eligible Buat Calon Mahasiswa di Sini!

BACA JUGA:Pihak Ferdy Sambo Serahkan Alat Bukti, Ada Foto Yosua Sedang Berada di Tempat Hiburan Malam

Kategori :