Segudang Keutamaan dan Peristiwa Penting di Bulan Rajab, Wajib Diketahui

Sabtu 04-02-2023,21:39 WIB
Reporter : Puji Lestari Ningsih
Editor : Dimas

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun terdapat dua belas bulan yang di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati, tiga bulan diantaranya berturut-turut Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab Mudhar, yang terdapat di antara bulan Jumadil Tsani Tsaniah dan Sya'ban." HR. Bukhari dan Muslim.

3. Bulannya Allah

Dinukil dari buku 12 Bulan Mulia Amalan Sepanjang Tahun oleh Abdurrahman Ahmad, terdapat beberapa hadits yang menjelaskan kemuliaan bulan Rajab.

Sabda Rasulullah SAW: "Rajab adalah bulan Allah."

Menyandarkan nama Allah pada bulan tersebut menunjukkan kemuliaan dan kelebihan bulan tersebut di sisi Allah, sehingga tidak seorang pun yang dapat meremehkannya.

Bulan Rajab adalah bulan yang terpisah, tidak berurutan dalam rangkaian bulan-bulan haram. Rajab adalah bulan yang paling awal dari urutan tersebut, bahkan yang termulia, paling banyak memiliki kelebihan, dan jadi kunci bulan-bulan kebaikan dan keberkahan:

Abu Bakar al-Balkhi berkata: "Bulan Rajab bulan menanam, Sya'ban bulan menyiram, dan Ramadan bulan panen." 

"Bulan Rajab seperti angin, Syakban seperti awan, dan Ramadan seperti hujan."

"Setahun itu seperti pohon. Bulan Rajab adalah hari-hari berdaun, Syakban merupakan hari-hari cabang pohon tersebut tumbuh, dan Ramadan merupakan hari-hari memetik buahnya, dan hanya orang-orang berman yang pantas memetiknya. Orang yang hitam lembaran catatan amalnya dengan dosa-dosa harus memutihkannya dengan taubat pada bulan ini."

Itu dia sederet keutamaan dan peristiwa penting yang terjadi di Bulan Rajab.

Kategori :