Waspada! BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Indonesia Terjadi Hingga 11 Juli 2024

Senin 08-07-2024,10:43 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMK) prediski sejumlah wilayah di Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang hingga 11 Juli 2024.

Meski Indonesia memasuki musim kemarau, namun sejumlah wilayah masih sering turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto juga membenarkan bahwa sebagian wilayah telah memasuki musim kemarau.

BACA JUGA:La Nina Jadi Penyebab Hujan Deras di Musim Kemarau? BMKG Sampaikan Kabar Ini

Kendati demikian, perlu diketahui musim kemarau bukan berarti tidak akan turun hujan.

"Betul sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024 yaitu sebanyak 77,27%, dimana 63,95% durasi musim kemarau diprediksi terjadi selama 3 hingga 15 dasarian. Meski demikian bukan berarti dalam periode kemarau tidak ada hujan sama sekali, tetapi ada hujan meski kisaran di bawah 50 mm / dasariannya," ujar Guswanto dalam keterangan resminya BMKG, dikutip Senin, 8 Juli 2024.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa selama sepekan mulai tanggal 5-11 Juli 2024 terjadi potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di Indonesia.

Fenomena tersebut diakibatkan oleh atmosfer dengan skala regional-global yang signifikan, sehingga memicu potensi hujan.

BACA JUGA:Penjelasan BMKG dan BPBD tentang Gempa Dangkal di Batang Akibat Sesar Aktif

"Fenomena atmosfer inilah yang memicu terjadinya dinamika cuaca yang berakibat masih turunnya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia," sambungnya. 

Sementara itu, Kepala Pusar Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani memprediksi kombinasi pengaruh fenomena cuaca ekstrem seperti hujan lebat.

Hal ini kemudian menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang hingga 11 Juli 2024.

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat diantaranya sebagai berikut:

  • Pulau Sumatera
  • Pulau Jawa
  • Pulau Kalimantan
  • Pulau Sulawesi
  • Pulau Maluku
  • Pulau Papua

BACA JUGA:Jakarta Jadi Sering Hujan Deras Padahal Indonesia Masuk Musim Kemarau, BMKG Ingatkan Soal Ini

Ia juga mengimbau agar masyarakat dapat mewaspadai dampak dari yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir dan tanah longsor.

Kategori :