249 Camaba Lolos Masuk IPB Lewat Jalur Ketua OSIS

Rabu 10-07-2024,12:08 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Ratusan calon mahasiswa baru (camaba) berhasil lolos IPB lewat jalur OSIS. 

IPB University mengumumkan nama-nama peserta yang lolos masuk IPB University melalui jalur Ketua OSIS, jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) dan jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

“Dari total 816 pelamar jalur Ketua OSIS Sarjana dan 117 pelamar Ketua OSIS Sekolah Vokasi (SV), sebanyak 249 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS Sarjana dan 58 orang dinyatakan lolos seleksi Ketua OSIS SV,” ujar Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana.

BACA JUGA:Cerita I Gusti Alerivana, Mahasiswi IPB yang Terpilih Ikut Jelajah Lautan Indonesia Bersama OceanX

Jalur Ketua OSIS merupakan seleksi jalur mandiri IPB University yang khusus diperuntukkan bagi para Ketua OSIS di Indonesia.

Skema ini dikembangkan untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

BACA JUGA:4.998 Calon Maba Ikut Ujian Mandiri IPB University, Rebutan Kuota 30%

Mereka sekaligus dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin berintelektual dan berintegritas tinggi.

“Adapun calon mahasiswa akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya. Melalui skema ini, diharapkan dapat menghasilkan calon pemimpin yang memimpin dengan pendekatan saintifik, atau menerapkan scientific based leadership,” tutur Prof Deni.

BACA JUGA:Daftar 104 PTN Tujuan Beasiswa Unggulan 2024 dan Jadwal Pendaftaranya, Ada IPB, UGM, hingga Undip

“Sementara itu, sebanyak 148 orang dinyatakan lolos jalur PIN Sarjana dan 55 orang dinyatakan lolos jalur PIN SV setelah bertarung dalam seleksi yang diikuti oleh 1269 pelamar PIN Sarjana dan 235 PIN SV,” imbuhnya.

Jalur PIN adalah jalur yang memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/Sederajat atau SMK berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Mereka yang dapat mendaftar adalah siswa berprestasi dalam lomba di tingkat internasional dan nasional.

Antara lain dalam kegiatan  lomba karya ilmiah, olimpiade matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, olahraga, hafizh, pramuka dan seni.

BACA JUGA:Lolos UTBK SNBT 2024 di IPB, Cek Ketentuan Daftar Ulang dan Bayar UKT Mulai 24 Juni

Kategori :