Simak Contoh Jawaban Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Guru Penggerak, Referensi bagi Tenaga Pendidik!

Rabu 10-07-2024,15:45 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

JAKARTA, DISWAY.ID - Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 adalah salah satu aktivitas di dalam LSM Pendidikan Guru Penggerak.

Di mana, pada modul 1.2 sendiri membahas nilai serta peran dari guru penggerak.

PGP atau Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pelatihan kepemimpinan untuk tenaga pendidik supaya menjadi pemimpin pembelajaran di masa yang akan datang.

BACA JUGA:Jawaban dari Umpan Balik secara Umum Terkait Penguasaan Kompetensi Guru Penggerak, Referensi untuk Belajar!

Karena itu, untuk mewujudkan tujuan tersebut, para calon guru penggerak (CGP) perlu memahami apa saja yang terkandung dalam nilai-nilai serta peran guru penggerak.

Modul 1.2 Nilai-nilai Guru Penggerak

Menurut A. Syatori dalam buku 'Urgensi Multikultural dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, nilai sendiri adalah sesuatu yang bermanfaat untuk manusia yang bisa digunakan sebagai acuan tingkah laku.

Di dalam konteks PGP, nilai ini menjadi suatu pendoman untuk tenaga pendidikan dalam bersikap dan mengambil suatu keputusan.

Setidaknya, ada lima nilai yang harus diterapkan oleh CPG ini untuk menjadi pembawa perubahan dalam lingkungan sekolahnya.

BACA JUGA:Cerita Guru Penggerak saat Terapkan Gerakan Merdeka Belajar: Awalnya Ada Penolakan

Adapun, di dalam modul itu, calon guru penggerak akan belajar mengenai nilai-nilai guru penggerak yang mencukup kolaboratif, mandiri, reflektif, inovatif serta berpihak pada murid.

Tidak sampai situ, calon guru penggerak juga diminta untuk mengerjakan serangkaian aktivitas di dalam Learning Management System (LSM) guru penggerak, dan salah satunya ada demonstrasi kontekstual.

Melansir dari situs Sekolah Penggerak, demonstrasi kontekstual ini suatu unjuk kerja tentang suatu materi diskusi.

Pada tugas demonstrasi ini dikerjakan dalam bentuk simulasi, presentasi atau studi kasus yang sesuai dengan kekhasan di tiap modul.

Yang mana, di dalam modul 1.2, para calon guru penggerak bisa menuliskan gambaran dirinya di masa depan nanti.

Kategori :