Rifda Wujudkan Mimpi Tampil di Olimpiade Paris 2024

Sabtu 03-08-2024,11:21 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menyambut kepulangan Rifda Irfanaluthfi, pesenam pertama asal Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris 2024.

Ditemani sang pelatih Eva Novalina Butarbutar, Rifda, sapaan akrab Rifda Irfanaluthfi mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Kamis, 1 Agustus 2024 sore.

Hadir menyambut kepulangan Rifda, Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Dra Agustien Rien Ariyanti beserta jajaran PB Persani yang dipimpin oleh Wakil Ketua Umum IV PB Persani Herman Chaniago.

BACA JUGA:Daftar Timnas Lolos Semifinal Sepak Bola Olimpiade 2024 Paris, Prancis Tuntaskan Dendam Singkirkan Argentina

Sebagai bentuk apresiasi untuk perjuangan Tim Gymnastic Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024, Rifda Irfanaluthfi dan Eva Novalina Butarbutar disambut dengan pengalungan bunga oleh Komite Eksekutif NOC Indonesia Jadi Rajagukguk di area Kedatangan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Jadi Rajagukguk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Rifda yang telah tampil membawa nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024. 

“Ini merupakan catatan sejarah bagi Indonesia, karena ini pertama kali gymnastic Indonesia hadir di Olimpiade," ucap Jadi Rajagukguk dalam sambutannya

Resmi menyandang status Olympian, pesenam pertama Indonesia yang berhasil tampil di Olimpiade tersebut mengungkap perasaannya dengan penuh rasa haru.

“Karena Olimpiade adalah cita-cita Rifda, Rifda sudah berangkat dikasih kepercayaan, dan di-support oleh banyak orang, Rifda ingin membuat orang-orang yang mendukung Rifda bisa bangga melihat Rifda tampil di Olimpiade,” ucap Rifda.

BACA JUGA:Lolos ke Perempat Final Bulutangkis Olimpiade 2024, Gregoria Mariska Jaga Peluang Indonesia Raih Medali Emas

“Ada rasa sedih, ada rasa lega, ada rasa senang. Rasa sedih karena mengalami cedera yang mana Rifda tidak bisa melakukannya dengan maksimal, ada rasa lega karena Rifda bisa menahan rasa sakit ini sampai kompetisi, ada rasa senang karena ternyata alhamdulillah masyarakat Indonesia semuanya mendukung Rifda," lanjutnya.

Rifda berhasil menuntaskan penampilannya di Bercy Arena, Paris Minggu, 28 Juli 2024. Rifda yang tampil di nomor All Around hanya bisa memainkan palang bertingkat dari empat alat yang wajib dicobanya dan mencatatkan 9,166 poin. 

Selanjutnya, Rifda akan fokus untuk membenahi cedera yang ia alami ketika sedang menjalani Latihan di Paris.

“Rifda mengalami cedera ACL, meniskus, juga ada salah satu ligamen juga yang ketahuan robek juga. Selanjutnya, akan bertemu dengan dokter untuk membahas terapi dan recovernya,” ucap Rifda.

BACA JUGA:Perasaan Jojo Usai Takluk dari Tunggal Putra India di Olimpiade Paris 2024

Kategori :