Jelang Keberangkatan ke IKN, Ini Harapan Pelatih Paskibraka Pusat 2024

Kamis 08-08-2024,09:09 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Calon paskibraka pusat akan berangkat ke IKN pada Jumat 9 Agustus 2024 besok.

Kapten Laut TNI AL Joyo Utomo mengatakan bahwasanya terkait pesiapan sudah hampir matang.

Terkait lapangan selama latihan di Cibubur dengan Nusantara sudah disesuaikan, sehingga calon paskibraka tidak akan mengalami kendala berarti.

"Kesiapannya karena tidak ada perubahan, lapangan akan sama antara di sini (Cibubur) dan sudah disiapkan di Nusantara sama dengan di ini," kata Joyo saat ditemui wartawan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat pada Rabu 7 Agustus 2024.

"Cuma luasnya berbeda karena di IKN kan dibuat lebih luas ya," tambahnya.

Terkait fokus utama latihan menjelang ke IKN, Joyo mengungkapkan hanya tinggal fokus penghalusan gerakan.

Untuk kesiapan anggota paskibraka sendiri dikatakan Joyo sudah 80 persen.

"Kami lebih fokus pengalusan gerakan ya, karena kita sudah latih semua. Nanti tiba di IKN sudah siap, seperti yang kami harapkan," ujarnya.

"Persiapan sudah 70 hingga 80 persen, untuk selanjutnya kita sesuaikan lapangan di Nusantara dengan kondisi cuaca yang berbeda," tandasnya.

Sebagai informasi, pada peringatan hari kemerdekaan tahun 2024 ini, sebanyak 76 calon paskibraka tingkat pusat dari 38 provinsi telah lulus seleksi.

Setiap provinsi dipilih satu putra dan satu putri untuk mengibarkan bendera merah putih di IKN.

Ke 76 calon paskibraka tingkat pusat tersebut nantinya akan dibagi dua kelompok untuk mengibarkan bendera pada pagi hari, dan penurunan bendera di sore hari.

Calon paskibraka tingkat pusat 2024 ini menjalani latihan Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Depok, Jawa Barat hingga 8 Agustus 2024.

Selanjutnya, para calon paskibraka tingkat pusat akan diberangkatkan ke IKN pada 9 Agustus 2024 guna menjalani sisa masa latihan hingga menjelang hari kemerdekaan.

 

Kategori :