Program Makan Gratis Bakal Berjalan, Fraksi DPRD Golkar Minta Pemprov Tambah Anggaran APBD-P 2024

Sabtu 10-08-2024,06:44 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco meminta agar Pemprov DKI Jakarta menambahkan anggaran program makan bergizi gratis yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu diutarakan Baco dalam rencana penambahan anggaran untuk subsidi pendidikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024.

"Fraksi Partai Golkar mendorong Pemprov DKI Jakarta menganggarkan untuk program makan bergizi gratis menyesuaikan dengan program pemerintah pusat yang telah diuji coba," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Jumat, 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Cak Imin Bertemu dengan Prabowo, Anies: Silahturahmi Itu Baik Saja

BACA JUGA:Ada Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas ke IKN 10 Agustus 2024, Cek Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan!

Anggota Komisi E DPRD itu mengatakan, program makan gratis juga dapat menekan kasus anak-anak penderita gagal ginjal.

"Program ini juga sebagai upaya menekan semakin banyaknya anak-anak yang menderita gagal ginjal akibat pola makan dan minum yang salah," tuturnya.

Tidak hanya terkait makan siang gratis, kata Baco, fraksi Golkar DPRD DKI juga setuju dengan penambahan anggaran untuk bantuan sosial (Bansos) Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan KJMU.

"Penambahan tersebut sangat bermanfaat bagi para pelajar tidak mampu yang bersekolah di sekolah-sekolah swasta dan juga madrasah atau yang setingkat dengan itu," urainya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan, rencana uji coba program makan gratis di sekolah Jakarta akan dimulai setelah pelaksanaan HUT ke-79 RI.

BACA JUGA:PKS, PKB, dan NasDem Diisukan Tarik Dukungan untuk Anies? Ini Analisis Lili Romli

BACA JUGA:Peluang Anies Baswedan di Pilgub Jakarta Makin Suram

Heru, yang juga sekaligus sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu mengungkapkan, pihaknya akan melaksanakan uji coba program makan gratis tersebut minimal setiap dua pekan.

"Mohon maaf, ini kan sedang sibuk 17-an, nanti setelah 17 Agustus, saya setiap senin atau dua minggu sekali, minimal Senin dan Rabu saya akan ke sekolah-sekolah uji coba," kata Heru kepada wartawan di Jakarta, pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Selain itu, Wakil Presiden Terpilih Gibran melakukan uji coba makan bergizi gratis di SD Negeri 4 Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin 5 Agustus 2024.

Kategori :