Kepala BPIP Sambut Iringan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di Kaltim

Sabtu 10-08-2024,17:47 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

BALIKPAPAN, DISWAY.ID-- Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) turut andil dalam peristiwa sejarah bangsa. Pasalnya, mereka menjadi pelaku sejarah dibawanya Duplikat Bendera Pusaka dari Cawan Monas, Jakarta ke Istana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPIP sambut kedatangan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ketikan Sayuti Melik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu 10 Agustus 2024.

Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tersebut dibawa dari Cawan Monas untuk dikibarkan dan dibacakan pada Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan Ke-79 RI, 17 Agustus mendatang di Ibu Kota Nusantara (IKN).

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke IKN

Empat Purnapaskibraka Duta Pancasila binaan BPIP membawa Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi, di antaranya, Kachina Ozora asal Kalimantan Tengah, Keyla Azzahra Purnama asal Sumatera Selatan, Lilly Indriani Suparman Wenda asal Papua Pegunungan, dan Naila Aulita Alqubra Sinapoy asal Banten. 

Kepala BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. menuturkan, kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN ini menjadi simbol penghormatan terhadap sejarah dan perjuangan bangsa. 

“Ini simbol bahwa Bendera Merah Putih harus terus berkibar di seluruh penjuru Nusantara. Jika tidak ada Bendera Merah Putih, tidak akan ada pula Negara Kesatuan Republik Indonesia”, tutur Yudian.

Prof. Yudian juga menuturkan, kirab ini juga menjadi momentum untuk memperkuat jiwa nasionalisme Bangsa Indonesia.

“Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi menggambarkan tekad untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”, ungkap Yudian.

BACA JUGA:Calon Paskibraka Segera Berangkat ke IKN, BPIP Buatkan Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP yang membawahi Program Paskibraka, Ir. Prakoso menuturkan, pihaknya telah menyiapkan putera-puteri bangsa terpilih ini sehingga siap tampil pada tanggal 17 Agustus mendatang, termasuk empat puteri Paskibraka pembawa baki tahun 2023 untuk melaksanakan tugas mengantarkan Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi ke Istana di IKN.

“Kami sudah siap, adik-adik Calon Paskibraka, termasuk 4 Purnapaskibraka sudah berlatih di Cibubur sejak Bulan Juli lalu. Mereka sudah dilatih fisik dan mentalnya karena kondisi di IKN berbeda dengan di Jakarta”, ungkap Prakoso.

Prakoso juga menuturkan, para Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 telah tiba di Balikpapan dan akan segera diberangkatkan ke Nusantara untuk menjalani sejumlah latihan gabungan.

Para Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024 ini akan dikukuhkan oleh Presiden RI pada 13 Agustus mendatang di Nusantara. 

“Adik-adik Calon Paskibraka sudah ada di sini. Mereka sudah siap menjalani latihan di IKN dan akan dikukuhkan sebagai Paskibraka Tingkat Pusat oleh Presiden RI, Joko Widodo”, tuturnya. 

Kategori :