BMKG Potensi Gempa Megathrust di Indonesia, Daryono: Ada Kekhawatiran Ilmuwan Jepang

Selasa 13-08-2024,10:35 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

"Karena setiap gempa besar dan dangkal di zona megathrust dapat memicu terjadinya patahan dengan mekanisme naik (thrust fault) yang mampu mengganggu kolom air laut (tsunami)," jelasnya.

Dalam menghadapi kemungkinan pecahnya kedua segmen tersebut, BMKG telah melakukan persiapan sistem pemantauan, pengolahan, dan penyebaran informasi terkait gempa bumi dan peringatan dini tsunami yang semakin cepat dan akurat.

Lembaga ini juga telah memberikan edukasi, pelatihan mitigasi, simulasi, evakuasi, serta pendekatan berbasis pemodelan tsunami kepada pemerintah daerah, stakeholder, masyarakat, pelaku usaha pariwisata pantai, industri pantai, dan infrastruktur kritis (pelabuhan dan bandara pantai).

Semua upaya tersebut diwujudkan melalui kegiatan Sekolah Lapang Gempabumi dan Tsunami (SLG), BMKG Goes To School (BGTS), dan Pembentukan Masyarakat Siaga Tsunami (Tsunami Ready Community).

"Diharapkan bahwa upaya kita dalam mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami dapat berhasil dengan mengurangi risiko dampak bencana yang mungkin terjadi, bahkan hingga mencapai nol korban jiwa," tegas Daryono.

Kategori :