Dasco Klaim KIM Siap Umumkan Pasangan Ridwan Kamil-Suswono 19 Agustus, Bye-bye Anies?

Rabu 14-08-2024,15:46 WIB
Reporter : Dimas Chandra Permana
Editor : Dimas Chandra Permana

JAKARTA, DISWAY.ID -- Kontestasi jelang pemilihan kepada daerah (Pilkada) Jakarta semakin panas saja. Terbaru Anies Baswedan kemungkinan besar ditinggal oleh PKS bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Ia mengatakan KIM akan mengumumkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Dasco mengatakan semua partai di KIM Plus sepakat pasangan RK-Suswono. Bahkan agenda deklarasi sudah ditetapkan yakni pada 19 Agustus 2024. Demikian dikutip Disway.id dari Beritasatu.com.

BACA JUGA:Zulkifli Hasan Ungkap Ada Usulan Suswono Jadi Wakil Gubernur Mendampingi Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta

"Secara resminya kami sepakat agar mengumumkan pada tanggal 19 Agustus, kemungkinan siang atau sore. Saksikan tanggal mainnya," ujar Dasco di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2024.

Sebagai informasi saja, Suswono merupakan salah satu kader elite di Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namanya muncul setelah Anies dianggap gagal meyakin partai-partai yang ingin diajak berkoalisi.

Sebagai pemenang Pileg di Jakarta, PKS punya kewenangan untuk menentukan arah politiknya. Termasuk agenda bersama Anies yang disebut sudah tenggat waktu pada 4 Agustus 2024.

Kini PKS telah bermanuver. Mereka punya hak membuat keputusan untuk bergabung dengan skuad pemerintahan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto di bawah arahan partai Gerindra.

Sebagai partai penguasa di Jakarta, PKS pun berhak menentukan calon kepada Gerindra dan partai lain di KIM.

BACA JUGA:PKB Pertimbangkan Undang Anies Baswedan dalam Acara Muktamar di Bali

Pernyataan Zulhas Bukan Omong Kosong

Dasco sendiri belum berani memastikan nama Suswono sebagai calon wakil bagi Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta.

Hanya saja ia tak menampik pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menyebut bahwa pasangan RK adalah benar Suswono dari pihak PKS.

"Ya itu, kan, nama yang beredar. Ada juga ya tadi, mungkin Pak Zul sudah ngomong (Suswono)," jelas Dasco.

Diberitakan sebelumnya gerilya-gerilya Gerindra dan partai di KIM dalam beberapa pekan terakhir menyedot perhatian publik.

Kategori :