PLN Hadirkan 100 Persen Listrik Hijau pada HUT ke-79 RI di IKN, Dijamin Andal!

Kamis 15-08-2024,21:10 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - PT PLN (Persero) siap menghadirkan 100 persen listrik energi hijau pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024, mendatang.

Hal ini sejalan dengan komitmen PLN dalam mendukung pembangunan kelistrikan di IKN dengan konsep green, smart & beautiful.

BACA JUGA:Didukung Asosiasi, Penerapan Pelebaran Golongan Tarif Listrik PLN Bakal Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik

BACA JUGA:Gandeng ACWA Power, PLN Siap Lebarkan Pemanfaatan Energi Bersih di Indonesia

Pasalnya IKN diproyeksikan bakal menjadi kota hijau, futuristik, dan berkelanjutan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, pada momen bersejarah ini, PLN akan secara maksimal mendukung kelancaran peringatan kemerdekaan ini lewat listrik andal yang bersumber dari energi hijau. 

“PLN siap all out dalam menghadirkan suplai listrik hijau 100 persen yang andal demi kelancaran upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 di IKN Nusantara. Hal ini merupakan wujud komitmen PLN untuk mendukung IKN sebagai kota masa depan yang berkelanjutan,” ujar Darmawan dalam keterangannya pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Darmawan menerangkan, kepastian keandalan listrik hijau 100 persen ini didukung dari produksi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN.

Saat ini kata Darmawan, PLTS IKN telah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW).

Angka ini jauh lebih besar dari proyeksi kebutuhan listrik untuk perayaan HUT RI, yaitu sekitar 1,5 MW.

BACA JUGA: PLN Gandeng Kejaksaan Perkuat Fondasi Tata Kelola untuk Akselerasi Transisi Energi

Tidak sampai di situ, kapasitas tersebut akan terus ditingkatkan menjadi 50 MW pada akhir tahun 2024.

Ketersediaan pasokan listrik hijau ini juga didukung oleh pengoperasian gardu induk berteknologi Gas Insulated Switchgear (GIS) 4 IKN dengan kapasitas 2x60 Mega Volt Amphere (MVA).

Selain itu, PLN juga telah merampungkan pembangungan jaringan transmisi sepanjang 26,03 kilometer-route (kmr).

"PLN telah menyelesaikan pembangunan gardu induk berteknologi GIS 4 IKN, yang akan mendukung keandalan kelistrikan di IKN. Kehadiran gardu induk ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perayaan HUT RI ke-79, tetapi juga untuk memastikan ketersediaan listrik jangka panjang di IKN,” tambah Darmawan.

Kategori :