UMJ Jakarta dan UMC Cirebon Kolaborasi KKN Internasional ke Phnom Penh Kamboja

Sabtu 17-08-2024,15:17 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

PHNOM PENH, KAMBOJA - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional Tahun 2024 ke negara Kamboja tepatnya di kota Phnom Penh.

KKN Internasional di Kamboja merupakan implementasi kerja sama UMJ dengan An-Nikmah Al Islamiah Institute Phnom Penh Cambodia.

Sebanyak enam Mahasiswa perwakilan dari kedua PTMA yang mengikuti KKN Internasional.

Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN Internasional di kamboja berlangsung selama 11 Agustus hingga 06 September 2024.

BACA JUGA:Indra Sjafri Beberkan Kejelasan Jens Raven dan Jardim Welber dalam TC di Korea Selatan

Serah terima mahasiswa peserta KKN Internasional dilakukan oleh Wakil Rektor I UM Jakarta Dr. Muhammadi Hadi, S.KM., M.Kes. dan didampingi oleh Ketua dan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UM Jakarta Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati dan Darto, S.E., M.M. serta perwakilan dari UM Cirebon Zakiyyah, S.Si., M.Si.

Dijelaskan Muhammadi Hadi bawa KKN Internasional merupakan Upaya internasionalisasi di lingkungan PTMA selain itu juga bagian dari langkah dalam rangka pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu IKU 2 “Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus” dan IKU 3 “Dosen berkegiatan di luar kampus”

Peserta KKN Internasional tersebut diantaranya Endang Darmawan Pendawa Agung, Muhammad Yusuf, Muhamad Farhan Firmansyah, Dede Purwanto, Uswatun Hasanah dan Salma Zakiatur Rohmah.

Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Internasional melakukan beberapa kegiatan seperti mengajar, pengabdian kepada masyarakat, olahraga, gotong royong, kegiatan keagamaan, dan program lainnya. 

BACA JUGA:Hadir di Pameran Bisnis IFRA 2024, Satu Kenangan Perkenalkan Kopi Kekinian dengan Harga yang Murah

Pengabdian kepada Masyarakat Internasional oleh Dosen 

Selain kegiatan KKN Internasional, pada kesempatan yang sama para dosen dari UM Jakarta dan UM Cirebon diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional diantaranya Tri Yuni Hendrawati dengan judul PkM “Improving Students' Knowledge through Use Natural Materials at An Nikmah Al Islamiah Institute Pnom Penh Cambodia”. Darto dengan Judul PkM “Improving Sharia Financial Literacy through Socialization and Education at the An-Nikmah Al-Islamiah Institute Phnom Penh Cambodia” dan Zakiyyah dengan judul PkM “Sosialization of Utilization of Corn Cob Waste for Briquette Making”

Program KKN dan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional akan menjadi program unggulan tahunan UM Jakarta melalui program kerja LPPM UM Jakarta bekerja sama dengan KKUI UM Jakarta. Selain di Kamboja, kegiatan KKN Internasional UM Jakarta juga dilakukan di Thailand dan merupakan salah satu upaya UMJ dalam membekali mahasiswa dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

 

 

Kategori :