Lestari Award 2024: Dirut PLN Sabet Sustainable Leader of The Year in Energy Transition

Kamis 22-08-2024,16:26 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo memperoleh penghargaan Sustainable Leader of The Year in Energy Transition di ajang Lestari Award 2024, Rabu 21 Agustus.

Penghargaan ini diperoleh atas peran aktif Darmawan dalam menyuarakan berbagai inisiatif dan membangun kolaborasi dalam upaya transisi energi, yang terbukti mampu membawa perubahan positif bagi korporasi yang dipimpinnya.

Selain itu, berkat kepemimpinan Darmawan Prasodjo, PLN Group juga menjadi peraih penghargaan terbanyak dalam ajang Lestari Award 2024 dengan tambahan dua penghargaan lainnya yaitu PLN dalam kategori Waste Management melalui program PLN Wastewise yaitu pemanfaatan fly ash bottom ash dan PLN Nusantara Power dalam kategori Renewable Energy melalui program Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung Cirata, Jawa Barat.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengapresiasi individu, perusahaan maupun pemerintah daerah yang telah berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. 

BACA JUGA:Keandalan Listrik PLN pada Perayaan HUT ke-79 RI di IKN Diapresiasi Berbagai Kalangan

BACA JUGA:Top! Infrastruktur Strategis Penghubung IKN-Balikpapan Pakai FABA PLN

"Selamat kepada para penerima penghargaan pada bidang masing-masing. Terima kasih atas karya-karya yang baik dan berarti bagi Indonesia kita tercinta,” ujar Siti.

Dirinya mengatakan, masalah perubahan iklim yang terjadi saat ini merupakan tantangan global yang harus diatasi bersama. Perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, diserta polusi dan limbah memicu krisis kemanusiaan seperti konflik sumber daya dan masalah kesehatan.

Situasi ini mengharuskan seluruh pihak untuk segera berpindah bersama demi masa depan yang lebih baik.

"Kita memerlukan tindakan yang berani dan segera dalam skala besar untuk menyeimbangkan kembali hubungan manusia dengan alam dan sumber daya yang disediakannya," ucap Siti.

Dirinya pun berharap penghargaan ini bisa mendorong seluruh pihak untuk terus mengembangkan bisnis berkelanjutan.

Chief Marketing Officer Kompas Gramedia Media, Dian Gemiano mengatakan pemilihan pemenang dilakukan secara ketat oleh lembaga audit EY bersama para asesor yang berlatar belakang akademisi serta praktisi keberlanjutan.

BACA JUGA:Momen HUT RI, Realisasi PMN ke PLN Merdekakan Listrik Bagi 953 Warga di 7 Desa Pelosok Bengkayang, Kalbar

BACA JUGA:Dukung Green Industry, PLN Salurkan 275 Ribu Unit REC ke PT Agincourt Resources di Medan

"Kami, KG Media, hanya penyelenggara. Keputusan sepenuhnya berada di tangan assessor yang terdiri dari akademisi dan praktisi keberlanjutan untuk tentukan pemenang," kata Dian Gemiano.

Kategori :