Proyeksi Pasar Ekspor Produk Desiccated Coconut di Tahun Mendatang

Kamis 22-08-2024,19:36 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

DESICCATED coconut atau kelapa parut kering adalah salah satu produk olahan kelapa yang saat ini sedang mengalami peningkatan permintaan secara global. Produk ini dihasilkan dari daging kelapa yang telah diparut, dikeringkan, dan dihaluskan menjadi butiran kecil. 

Biasanya, desiccated coconut digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan dan minuman, khususnya dalam pembuatan kue, biskuit, cokelat, es krim, dan berbagai produk pangan lainnya.

Saat ini, pasar global untuk desiccated coconut sedang berkembang pesat. Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Filipina, menjadi pemasok utama produk ini. Permintaan yang terus meningkat berasal dari berbagai negara di Eropa, Amerika Utara, dan beberapa bagian Asia. 

BACA JUGA:BPIP Apresiasi Dukungan Bank Mandiri untuk Paskibraka 2024

Tren gaya hidup sehat yang semakin populer telah membuat produk-produk kelapa, termasuk desiccated coconut, menjadi pilihan utama sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan bahan baku lain seperti tepung terigu atau gula. Hal ini telah membantu mendorong pertumbuhan pasar desiccated coconut secara signifikan.

Perkiraan Pasar Desiccated Coconut di Tahun-Tahun Mendatang

Proyeksi untuk pasar desiccated coconut di tahun-tahun mendatang terlihat sangat positif. Seiring dengan semakin tingginya kesadaran konsumen global terhadap kesehatan dan keberlanjutan lingkungan, produk-produk kelapa termasuk desiccated coconut diperkirakan akan terus diminati. 

Menurut berbagai laporan pasar, pertumbuhan tahunan pasar desiccated coconut diperkirakan akan tetap berada di kisaran 5-7% per tahun selama lima tahun ke depan.

Konsumen di negara-negara maju juga semakin memilih produk yang alami dan minim pengolahan, yang mana desiccated coconut menjadi pilihan yang sangat cocok. 

Selain itu, meningkatnya permintaan dari industri makanan dan minuman yang terus berinovasi dengan produk baru berbahan dasar kelapa juga akan mendorong pertumbuhan pasar ini. 

Negara-negara seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang diperkirakan akan tetap menjadi pasar ekspor utama untuk desiccated coconut dari Indonesia.

Tidak hanya itu, dengan semakin majunya teknologi pengolahan pangan, desiccated coconut diperkirakan akan menemukan lebih banyak aplikasi dalam produk-produk pangan baru. 

BACA JUGA:Kemenperin Sebut Penerapan SNI Emas Akan Jamin Kualitas dan Memacu Daya Saing

Inovasi dalam produk seperti granola, snack bars, dan produk susu berbasis nabati (plant-based milk) yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku, akan semakin memperluas pasar desiccated coconut.

Alasan Popularitas Desiccated Coconut Akhir-Akhir Ini

Kategori :