Kemenperin Serap Anggaran Sebesar 98,65 Persen Tahun 2023

Selasa 27-08-2024,08:52 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Sepanjang tahun 2023, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mencatatkan pendapatan sebesar Rp352,50 miliar atau mencapai 120,86 Persen dari estimasi yang ditetapkan sebesar Rp291,65 Miliar.

Menurut keterangan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, pendapatan ini berasal dari pendapatan jasa layanan yang dilakukan oleh UPT teknis di lingkungan Kemenperin seperti Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri.

Serta Politeknik, Sekolah Menengah Kejuruan bidang Industri, dan pendapatan lain yang sah sesuai ketentuan perundang-undangan.

BACA JUGA:Viral Mahasiswa Unnes Diduga Lakukan Pemerkosaan, Ini Klarifikasi Kampus

BACA JUGA:KIM Plus Tetap Solid Usung Ridwan Kamil-Suswono untuk Pilkada Jakarta

"Ini merupakan prestasi dan sekaligus tantangan bagi kami dalam mengelola anggaran secara transparan dan akuntabel sehingga opini tersebut dapat kami pertahankan di tahun mendatang," ujar Menperin Agus dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI terkait Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) APBN TA 2023 di Jakarta, pada Senin 26 Agustus 2024.

Selain itu, Menperin Agus juga menambahkan bahwa berdasarkan laporan hasil pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan tahun 2023, Kemenperin kembali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran (TA) 2023.

Capaian Opini WTP ini merupakan yang ke-16 kali secara berturut-turut sejak tahun 2008.

Terkait dengan hasil pemeriksaan oleh BP tahun 2023 ini, Menperin Agus menyatakan bahwa Kemenperin menyatakan bahwa hasil temuan tersebut akan menjadi bahan perbaikan untuk ke depannya.

BACA JUGA:Program Konversi 1.000 Motor Listrik Gratis Sudah Dimulai, KESDM Optimis Berhasil

BACA JUGA:Update, 16 Orang Tewas Akibat Banjir Bandang di Kota Ternate, 3 Warga Hilang

"Tekait adanya temuan, ini tentu akan menjadi perhatian kami, dan akan kami tindaklanjuti berdasarkan rekomendasi dari BPK, termasuk juga kami perhatikan terhadap pesan-pesan yang disampaikan pimpinan dan anggota komisi VII pada raker ini," ujarnya.

Berdasarkan hasil kesimpulan raker, Komisi VII DPR RI memberikan apresiasi kepada Menteri Perindustrian atas capaian kinerja keuangan tahun 2023 yang memperoleh opini WTP dari BPK.

Komisi VII juga memberikan apresiasi kepada Menperin yang telah menindaklanjuti seluruh temuan sesuai rekomendasi BPK tahun 2023 secara tuntas.

 

Kategori :