Pemkot Malang Gelar Pedalling For Freedom, Gowes 79 Km Rayakan Agustusan

Minggu 25-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Gunawan Sutanto
Editor : Gunawan Sutanto

MALANG, DISWAY - Pemkot Malang belakangan makin aktif menggelar event bersepeda sebagai bentuk menghadirkan sport tourism di kota tersebut. Terbaru, mereka menggelar event bersepeda bertajuk Pedalling For Freedom.

Event itu digelar di Kota Malang, Sabtu, 25 Agustus 2024. Acara ini merupakan bentuk inisiasi langsung dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk merayakan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79. 

Total terdapat 625 cyclist yang telah terdaftar untuk mengikuti event ini. Dari jumlah tersebut, peserta akan terbagi menjadi dua kategori. Race dan Non-Race.

Kategori Race lebih diminati yang mana 330 peserta akan ikut ambil bagian. Sedangkan, kategori Non-Race akan diramaikan 295 cyclist

Rute bersepeda akan dimulai dari depan Balai Kota Malang pada pukul 06.00 WIB. Dari Balai Kota, jalur bersepeda akan mengarah ke selatan menuju Jl. Kolonel Sugiono sebelum kembali ke Utara.

Setelahnya para cyclist akan menuju Gunung Wukir yang berada di Kota Batu untuk memulai balapan race. Dan finisnya berada di Amarta Hills. 

Total rute menempuh 79 Km. Identik dengan usia Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus lalu. Sedangkan, total elevasinya 1.079 meter. 

"Event ini untuk merayakan kemerdekaan RI ke-79, makanya jarak rutenya 79 Km. Elevasinya 1.079 meter, dan nantinya akan ada 79 outlet UMKM yang ikut meramaikan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso. 

Erik lah yang selama ini sosok di balik aktifnya kota Malang menggelar event-event bersepeda. Ia memang cyclist. Erik juga rutin mengikuti sejumlah event sepeda, salah satunya Bromo KOM yang dihelat Mainsepeda (Disway National Network).

BACA JUGA:Antangin Bromo KOM X Dijamin Seru, 1.500 Cyclist dari 17 Negara, 428 Komunitas dari 31 Provinsi Siap Ikutan

Selain untuk merayakan Dirgahayu RI, Pedalling For Freedom juga sejalan dengan program Pemkot Malang yang mendorong program Sport Tourism.

Malang memiliki potensi dan fasilitas yang memadai untuk menggelara event-event berskala nasional. Khususnya untuk event-event olahraga. 

"Kota Malang ini posisinya strategis. Sangat cocok untuk event berbasis sport. Banyak macamnya seperti cycling, running, dan masih banyak lainnya. Juga didukung geografis dan prasarana yang menunjang," imbuhnya. 

Selain itu, Ketua Pelaksana Pedalling for Freedom Arif Tri Sastyawan menyebut persiapan penyelenggaran event sudah matang. Ia berharap gelaran ini berjalan dengan lancar. 

"Harapannya pelaksanaan Pedalling for Freedom berjalan dengan baik. Tentu kami juga berharap event ini akan diselenggarakan di tahun-tahun mendatang dengan lebih baik lagi," jelasnya. 

Kategori :