1.518 Paslon Kepala Daerah Bersaing di Pilkada 2024, 51 di antaranya Calon Independen

Jumat 30-08-2024,15:50 WIB
Reporter : Cahyono
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mencatat, total ada 1.518 pasangan calon (paslon) kepala daerah yang sudah mendaftar di Pilkada 2024.

Diketahui KPU RI telah membuka pendaftaran paslon kepala daerah di masing-masing provinsi, kabupaten dan kota pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Ketua KPU Mochamad Afifuddin mengatakan, data total paslon yang sudah mendaftar tersebut tercatat hingga Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 23.59 WIB.

BACA JUGA:PDIP Buka Suara, Ini Alasan Tidak Mengusung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Afif merinci, dari angka total yang sudah mendaftar ke KPU daerah, kabupaten/kota masing-masing, calon dari partai koalisi meliputi paslon gubernur dan wakil gubernur sebanyak 100, calon bupati dan wakil bupati 1.095, dan calon wali kota dan wakil wali kota sebanyak 272.

"Total 1.467 pasangan calon (dari partai koalisi)" kata Afifuddin saat jumpa pers di kantor KPU RI pada Jumat, 30 Agustus 2024.

BACA JUGA:Ketua DPD Golkar Mad Romli Saat Tanpa Dukungan Bahlil Nekat Maju Pilkada Tangerang

Sementara kata Afif untuk paslon perseorangan atau independen yang sudah mendaftar ke KPU daerah, kabupaten/kota di masing-masing wilayah yakni sebanyak 51.

"Pencalonan perseorangan untuk gubernur dan wakil gubernur 1 pasangan calon. Untuk bupati dan wakil bupati 38 pasangan calon. Untuk walikota dan wakil walikota 12 pasangan calon," bebernya.

BACA JUGA:Hasto Ungkap Alasan PDIP Lebih Pilih Jeje-Ronal Dibanding Anies Baswedan di Pilkada Jabar

"Jadi total pencalonan perseorangan tercatat 51 pasangan calon," kata Afif.

Afif memastikan proses pendaftaran calon kepala daerah di masing-masing provinsi, kabupaten dan kota, secara umum berjalan lancar dan kondusif.

BACA JUGA:Popularitas, Kapabilitas, dan Isi Tas : Kunci Kemenangan di Pilkada Kota Depok 2024

"Adapun catatan-catatan kecil tentu akan kami terima sebagai masukan untuk perbaikan di tahapan-tahapan selanjutnya," pungkasnya.

 

Kategori :