Menpora Pastikan Bonus Atlet Paralimpiade Besarnya Sama dengan Olimpiade

Jumat 30-08-2024,16:29 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Bonus yang diberikan kepada atlet yang berlaga di Paralimpiade Paris 2024 akan sama besarnya dengan bonus yang diberikan kepada atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 yang diumumkan kemarin.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan hal tersebut di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rabu, 28 Agustus.

BACA JUGA:Rancang Pakaian untuk Atlet Disabilitas, Desainer Indonesia Didiet Maulana Dapat Apresiasi dari Menpora Dito

BACA JUGA:Menpora Beber Alasan Arak-Arakan Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 Digelar di Hari Kerja

"Bonus pasti sama. Itu sudah menjadi aturan baku dan kebiasaan Bapak Presiden yang selama ini memberikan perlakuan sama dan tidak pernah berbeda," ujar Dito di Jakarta.

Kemarin di ajang Olimpiade, Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan tiga atlet Indonesia peraih medali di Istana Negara, Jakarta, dan menerima bonus dengan jumlah yang bervariasi.

Kedua peraih medali emas, Rizki Juniansyah dan Veddriq Leonardo, masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp6 miliar. Sementara itu, peraih medali perunggu Gregoria Mariska Tunjung memperoleh Rp1,65 miliar.

Selain itu, ada alokasi Rp2,75 miliar untuk pelatih peraih medali emas, Rp675 juta untuk pelatih peraih medali perunggu, dan Rp250 juta untuk setiap atlet dan pelatih yang tidak memperoleh medali.

BACA JUGA:Kemenpora: Pencairan Bonus Atlet Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024 Tunggu Jokowi

BACA JUGA:Kemenpora: Ada 65 Cabor pada PON XII di Aceh-Sumatera Utara

Pada periode tersebut, tim Indonesia di Olimpiade terdiri dari 29 atlet yang berlaga di 12 cabang olahraga, sedangkan di Paralimpiade diikuti 35 atlet yang berlaga di sepuluh cabang olahraga.

"Dari segi kualifikasi jumlah atlet ini naik signifikan 12 sampai 13. Ini di kancah dunia atau Paralimpiade bukan angka kecil sehingga harus kita apresiasi dan banggakan," tuturnya.

Paralimpiade resmi dibuka pada 28 Agustus dan akan berlangsung hingga 8 September, dengan lebih dari empat ribu atlet dari 169 negara yang berlaga di Paris.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 yang tertunda satu tahun karena pandemi virus corona, Indonesia berhasil memperoleh dua medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

Kategori :