Moon Jae-in Diduga Terlibat Dalam Kasus Penyuapan, Gara-gara Jadi 'Ordal' untuk Mantunya?

Senin 02-09-2024,16:11 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Jaksa Korea Selatan menetapkan mantan Presiden Moon Jae-in sebagai tersangka terkait dugaan kasus suap yang melibatkan mantan menantunya.

Mantan menantu dari eks Presiden Moon Jae-in telah dituduh oleh pihak berwenang Korea atas dugaan menerima perlakuan khusus dan mendapat jaminan pekerjaan di maskapai penerbangan Thai Eastar Jet.

Sebagai imbalannya, orang ini mengatur janji penting untuk presiden maskapai tersebut. Tuan Lee Sang-jik, dengan pemerintah Korea Selatan untuk menikmati manfaatnya.

Divisi Kriminal 3 Kantor Kejaksaan Distrik Jeonju memimpin penyelidikan atas kemungkinan keterlibatan Moon dalam insiden tersebut.

BACA JUGA:Cara Unduh Harvest Moon Home Sweet Home Android dan iOS, Gampang Banget!

"Surat perintah penggeledahan dikeluarkan untuk rumah putri mantan Presiden Moon, Nona Moon Da-hye, pada tanggal 30 Agustus," tulis The Korea Herald melaporkan.

Investigasi ini bermula dari pengaduan yang diajukan empat tahun lalu terkait dengan pekerjaan mantan menantu Tuan Moon di Thai Eastar Jet.

Menantu mantan presiden Korea diidentifikasi dengan nama belakangnya, Seo, dan sejak itu menceraikan Nona Moon Da-hye.

Pihak berwenang Korea memfokuskan penyelidikan mereka pada hubungan ketenagakerjaan antara Tuan Seo dan penunjukan mantan pejabat Lee Sang-jik sebagai kepala Badan Usaha Kecil dan Menengah dan Startup Korea (KOSME).

BACA JUGA:Mengenal Paus Fransiskus, Penguasa Negara Kota Vatikan dan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik di Dunia

Partai Kekuatan Rakyat (PPP) dan kelompok warga Justice People yang berbasis di Seoul mengajukan empat pengaduan dari September 2020 hingga April 2021.

PPP (saat itu merupakan partai oposisi utama di Korea Selatan) mengajukan tuntutan korupsi kepada jaksa mengenai penunjukan Tuan Seo sebagai CEO Thai Eastar Jet, maskapai penerbangan bertarif rendah yang dijalankan oleh pendiri Tuan Lee. Lee juga merupakan anggota parlemen selama dua periode di Partai Demokrat yang berkuasa pada saat itu.

Ayah Lee ditunjuk sebagai presiden KOSME pada bulan Maret 2018, hanya 4 bulan sebelum Bapak Seo bergabung dengan Eastar di Thailand. Kurangnya pengalaman perusahaan dalam industri penerbangan dan kesulitan keuangan telah menimbulkan kecurigaan mengenai keterlibatan kantor kepresidenan Korea Selatan dalam menunjuk menantu Moon.

Jaksa menduga penunjukan Lee sebagai kepala KOSME mungkin diputuskan dalam pertemuan informal sekretaris presiden pada akhir tahun 2017.

BACA JUGA:Mengenal Paus Fransiskus, Penguasa Negara Kota Vatikan dan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik di Dunia

Kategori :