Tuan Rumah PON 2024 Sumbang Emas di Cabor Arung Jeram, Ini Perolehan Klasemen Medali Sementara

Jumat 13-09-2024,13:49 WIB
Reporter : Dimas Rafi
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara saling berbagi emas di nomor Down River Race (DRR) kategori R6 cabang olahraga arung jeram.

Berlangsung di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Kamis, 12 September 2024 Aceh meraih emas di sektor putra, sedangkan Sumatera Utara menguasai sektor putri.

Bagi Aceh, ini merupakan emas bersejarah bagi mereka, mengingat cabang olahraga ini kali pertama dipertandingkan di multieven olahraga nasional.

BACA JUGA:Respon Aurel Hermansyah Diterpa Isu Gugat Cerai Atta Halilintar

PJ Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir, M.Si. yang sedang datang memantau langsung perlombaan hari pertama cabang arung jeram ini pun sampai menangis terharu saat mendengar kabar tersebut.  

"Saya terharu akhirnya emas pertama arung jeram bisa diraih oleh Aceh. Bangga, karena kami sebagai tuan rumah turut ikut menyumbangkan medali emas," ucap Syakir dalam keterangan resmi PON.

Putra Aceh mendapatkan emas setelah mencatatkan waktu tercepat 20 menit 45,05 detik setelah menempuh jarak sekitar 4KM. Mereka menyisihkan Sumatera Utara yang finis tercepat kedua dengan selisih 13,92 detik.

BACA JUGA:Juara Olimpiade Veddriq Leonardo Dikalahkan Kiromal Katibin di PON Aceh-Sumut 2024

Sementara Kalimantan Selatan harus puas dengan raihan perunggu, usai finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 21 menit 12,10 detik.

Aceh sendiri sebenarnya start kedua setelah Sumatera Barat, namun mereka mampu melampaui untuk kemudian menyundul terdepan dalam catatan waktu. 

Sementara Sumatera Barat sendiri harus puas menempati peringkat keempat setelah hanya menghasilkan waktu 21 menit 38,60 detik. Perlombaan nomor DRR R6 kategori putra ini diikuti oleh 7 provinsi.

BACA JUGA:Update! Klasemen Medali PON XXI Aceh-Sumut 2024 Hari ini 12 September, Jakarta Peringkat ke-2

Bergantian dengan Aceh, giliran Sumatera Utara yang berjaya di putri. Mereka menyisihkan catatan waktu Aceh yang menempati posisi tercepat kedua dan berhak atas perak.

Putri Sumatera Utara menghasilkan waktu 22 menit 17,74 detik untuk mengunci medali emas. Sementara waktu Aceh yakni 22 menit 35,02 detik. Tempat ketiga dan berhak atas perunggu adalah Kalimantan Timur dengan waktu 22 menit 51,95 detik. Sama dengan kategori putra, DRR R6 putri juga diikuti oleh 7 provinsi.

Ini sesuai aturan yang telah disepakati sebelumnya pada Rakernas 2022, di mana tiap provinsi hanya diperbolehkan mengikuti dua nomor di tiap kategori. Tidak boleh memilih nomor yang sama di tiap kategori. Misalnya kalau R4-nya memilih turun di sprint dan head to head, maka pada nomor R6 harus turun di slalom dan DRR.

Kategori :