Jawab Polemik Pemain Naturalisasi di Timnas Bola, Begini Kata Bang Doel

Minggu 15-09-2024,15:27 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Bakal Calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno atau sering disapa Bang Doel angkat bicara soal banyaknya pemain naturalisasi di Tim Nasional Sepak Bola Indonesia.

Pemain Naturalisasi menuai polemik di masyarakat.

Menurut Bang Doel, naturalisasi tetap relevan dilakukan karena itu merupakan kesempatan bagi para diaspora yang terpanggil untuk berbakti pada negeri tempat asal muasal para pemain.

BACA JUGA:Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dibahas di DPR pada 17 September, Perkuat Timnas Indonesia Lawan Bahrain

"Ini juga menjadi semacam tempat berbakti, membela negara tempat ayah ibu atau kakek nenek mereka berasal," kata Bang Doel, Minggu, 15 September 2024.

Anggota DPR RI periode 2019-2024 itu juga sekaligus mendorong agar para pemain naturalisasi bisa memberi dorongan dan menciptakan atmosfer yang sehat bagi para pemain lokal untuk berkembang.

Adapun, caranya yaitu dengan memberikan pelatihan dan mempersiapkan kompetesi yang berjenjang dengan iklim kompetisi yang sehat.

BACA JUGA:Rocky Gerung Kurang Sreg Ada Pemain Naturalisasi Penuhi Timnas Indonesia, Lebih Pilih Kalah Terus dengan Pemain Lokal?

"Mempersiapkan kompetisi berjenjang yang kuat jelas juga sangat penting untuk memastikan berlangsungnya pembinaan di dalam negeri untuk melahirkan bibit-bibit berbakat," ucapnya.

Bang Doel juga berharap pemain naturalisasi Timnas Indonesia dijadikan momentum untuk transfer kemampuan ke pemain lokal. Selain itu, juga dapat meningkatkan permainan Timnas Indonesia di tingkat dunia.

BACA JUGA:Mantan Dubes Indonesia untuk Polandia Kritik Naturalisasi Pemain Timnas Indonesia: Shortcut untuk Raih Prestasi

"Kerjasama yang terjalin antara pemain lokal dan pemain naturalisasi adalah kunci utamanya. Kerjasama itu akan meningkatkan kemampuan permainan sepak bola," katanya.

Pada kesempatan yang sama, pria yang akrab disapa Bang Doel itu berpesan agar semua pihak memberikan ruang untuk para pemain untuk mencintai Indonesia.

BACA JUGA:Mantan Pemain Arab Saudi Ungkap Penyebab Kegagalan Roberto Mancini Saat Hadapi Timnas Indonesia: Singgung Pemain Naturalisasi

"Kita mesti memberi ruang buat para pemain itu mencintai Indonesia. Bagaimanapun, ini tempat orang tua mereka berasal. Biarkan mereka mencintai Indonesia, dan Indonesia mencintai mereka. Biarkan mereka mengabdi untuk tanah leluhur mereka, jangan kita tolak," pungkasnya.

Kategori :