Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2024: Jorge Martin Raih Pole Position dan Pecahkan Rekor Lap

Sabtu 28-09-2024,14:05 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Jorge Martín, pebalap Pramac Ducati mendominasi sesi kualifikasi MotoGP, dan mengamankan posisi pole untuk kedua balapan di sirkuit Mandalika 2024, Sabtu 28 September 2024.

Jorge Martín, disingkirkan dari posisi terdepan oleh Enea Bastianini pekan lalu di sirkuit Misano itu, juga memecahkan rekor lap sepanjang masa pada putaran pertamanya.

Jorge Martin mencatatkan rekor baru 1 menit 29,088 detik yang membuatnya unggul hampir satu detik dari para pesaingnya saat pergantian ban di tengah jalan.

BACA JUGA:Jadwal MotoGP Mandalika 2024 Sabtu 28 September 2024: Sesi Kualifikasi Hingga Sprint Race!

BACA JUGA:Motor Pecco Bagnaia Mogok, Marc Marquez Mendadak Jadi Tukang Ojek di MotoGP Mandalika

Dalam kondisi lembab di sirkuit Mandalika, Jorge Martin melaju dalam waktu 1 menit 29,088 detik, memecahkan rekor yang dibuat sehari sebelumnya dengan selisih lebih dari setengah detik.

"Saya sangat senang. Hari ini saya merasa hebat. Semuanya berjalan dengan sempurna, jadi ini selalu menyenangkan," kata Jorge Martin kepada wartawan. 

Jorge Martin juga unggul 0,535 detik dari Marco Bezzecchi, yang selamat dari kecelakaan dan mengamankan posisi di baris terdepan pada putaran terakhirnya.

Pedro Acosta dari Red Bull GasGaS berada di posisi ketiga, tertinggal 0,048 detik.

"Saya kehilangan sedikit konsentrasi dan terjatuh. Untungnya, motornya baik-baik saja," kata pembalap Ducati-VR46 Bezzecchi.

BACA JUGA:Geser Morbidelli, Enea Bastianini Tercepat di Latihan Hari Jumat MotoGP Mandalika 2024

BACA JUGA:Berharap Gacor, Takaaki Nakagami Pakai Paket Aero Baru di MotoGP Mandalika

“Saya tahu saya bisa melaju cepat, tetapi saya tidak membayangkan bisa berada di baris pertama. Jadi, apa yang bisa saya katakan? Saya sangat senang,” kata Jorge Martin.

Juara bertahan Bagnaia dan Enea Bastianini akan memulai di baris kedua setelah finis keempat dan kelima.

Marc Marquez, yang berada di posisi keempat dalam klasemen kejuaraan, tergelincir dua kali pada sesi kualifikasi kedua dan akan memulai dari posisi ke-12 setelah gagal mencatatkan satu putaran pun.

Kategori :