Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI periode 2024-2029!

Rabu 02-10-2024,22:05 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pimpinan sementara MPR RI dengan para pimpinan fraksi dan kelompok DPD RI menggelar rapat gabungan malam ini, Rabu, 2 Oktober 2024.

Dalam rapat tersebut disepakati bahwa para pimpinan fraksi sepakat menunjuk Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI periode 2024-2029.

"Pada malam hari ini, tanggal 2 Oktober 2024, rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi kelompok DPD, fraksi-fraksi MPR dan kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan Sidang Sementara telah menyepakati secara musyawarah mufakat," kata Ketua Fraksi PDIP MPR Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Oktober 2024.

"Bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini adalah calon yang diusulkan dari fraksi Partai Gerindra. Namanya adalah bapak haji Ahmad Muzani," imbuhnya.

BACA JUGA:Ahmad Muzani Diisukan Jadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029: Kita Tunggu Usulan Partai Politik

Meski demikian, ia belum menjelaskan siapa 8 wakil ketua MPR yang akan mendampingi Muzani tersebut.

Ia mengatakan hal tersebut akan diumumkan pada Rapat Paripurna MPR pada besok, Kamis 3 Oktober 2024.

"Beliau akan didampingi oleh delapan para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi Partai Politik di MPR yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam hari ini untuk menentukannya," ungkapnya.

"Dengan demikian rapat Paripurna MPR tanggal 3 Oktober 2024, pukul 10 pagi besok, tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin oleh Haji Ahmad Muzani didampingi 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi Partai Politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," lanjutnya.

Sebagai informasi, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI batal mengumumkan nama-nama pimpinannya pada hari ini, Rabu, 2 Oktober 2024.

Jadwal tersebut dibatalkan karena rapat pleno DPD dengan agenda pemilihan pimpinan unsur DPD di MPR masih berlangsung alot.

BACA JUGA:Gerindra Tugaskan Ahmad Muzani Jadi Ketua MPR RI Periode 2024-2029

"Saya dapatkan kabar sudah siap jika rapat pemilihan penetapan pimpinan MPR mau dimajukan malam ini. Tetapi syaratnya adalah calon wakil ketua atau pimpinan MPR dari unsur DPD sudah harus putusan dulu," kata Ketua Fraksi PDIP MPR Ahmad Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Oktober 2024.

"Karena sampai dengan malam ini DPD RI masih belum mengambil keputusan untuk menentukan siapa satu orang anggota DPD RI yang akan menjadi calon pimpinan MPR. Tapi kemungkinan rencana pemilihan penetapan pimpinan MPR pada malam ini tidak dapat dilaksanakan," lanjutnya.

BACA JUGA:Sekjen Gerindra Ahmad Muzani Pastikan Hubungan Prabowo-Jokowi Tak Retak

Kategori :