Kini Ada Pengobatan Terbaru Mengatasi Batu Ginjal: RIRS, PCNL, dan ECIRS

Minggu 06-10-2024,05:02 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Penyakit batu ginjal bisa diobati. 

Ada berbagai solusi inovatif modern untuk mengatasi batu ginjal. 

Apa itu batu ginjal?

Menurut dr. Donny Eka Putra, Sp.U (K), Dokter Spesialis Urologi, Sub-Spesialis Traumatology & Rekonstruksi Bethsaida Hospital Gading Serpong, batu ginjal adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan pola makan tinggi garam dan kurang minum air putih. 

Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri hebat dan bahkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan tepat. 

"Di Bethsaida Hospital Gading Serpong, kami menghadirkan metode inovatif untuk mengatasi batu ginjal, yaitu RIRS (Retrograde Intrarenal Surgery) dan PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy), sebagai solusi efektif dan minim invasif untuk pasien," ucapnya kepada wartawan. 

BACA JUGA:Lonjakan Kasus Gagal Ginjal pada Anak, Menkes: Komplikasi Diabetes

Pengobatan Batu Ginjal

Ada sejumlah pengobatan terbaru batu ginjal yakni RIRS, PCNL, dan ECIRS.

1. RIRS (Retrograde Intrarenal Surgery) 

Adalah prosedur endoskopi yang dilakukan untuk mengangkat batu ginjal dengan cara memasukkan alat kecil melalui uretra, masuk ke kandung kemih dan akhirnya menuju ginjal tanpa adanya sayatan. Batu ginjal akan dihancurkan menggunakan laser dan diangkat melalui saluran kemih. Prosedur ini sangat cocok untuk batu ginjal yang berukuran kecil hingga sedang.

2. PCNL (Percutaneous Nephrolithotomy) 

Adalah prosedur yang dilakukan untuk mengangkat batu ginjal yang berukuran lebih besar. Tindakan ini melibatkan pembuatan sayatan kecil di pinggang untuk memasukkan alat endoskopi yang akan mengangkat atau menghancurkan batu ginjal. PCNL direkomendasikan untuk batu ginjal yang ukurannya besar.

3. ECIRS

Pada kondisi batu ginjal yang kompleks ( batu staghorn komplit) atau batu ginjal multipel, dapat dilakukan tindakan ECIRS (Endoscopic Combined Intrarenal Surgery) yang merupakan kombinasi prosedur PCNL dan RIRS yang dilakukan pada waktu yang bersamaan. Prosedur ini memiliki beberapa keunggulan, terutama untuk menghancurkan batu yang sulit terjangkau dengan salah satu metode. Sehingga, diharapkan angka bersih batu lebih tinggi dan risiko perdarahan lebih minimal pasca tindakan.   

BACA JUGA:BPOM Tegaskan Susu UHT Tak Sebabkan Diabetes dan Gagal Ginjal, Ini Penjelasannya

Kondisi yang Dapat Diatasi dengan RIRS dan PCNL

Berbagai kondisi batu ginjal yang bisa diatasi dengan kedua prosedur ini antara lain:

1. Batu ginjal kecil hingga sedang yang tidak bisa dikeluarkan secara alami melalui saluran kemih.

2. Batu ginjal besar yang menyebabkan atau tidak menyebabkan sumbatan pada saluran kemih.

Kategori :