Terbukti Bersalah Menabrak Joan Mir, Alex Marquez Dihukum Long Lap Penalti Pada MotoGP Australia

Senin 07-10-2024,15:41 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Atas insiden kecelakaan yang menyeret Joan Mir di MotoGP Jepang 2024, Minggu 6 Oktober 2024, Alex Marquez dijatuhi hukuman Long Lap Penalty pada balapan di MotoGP Australia mendatang.

Hal tersebut karena menurut FIM Steward (juri lomba) menyatakan bahwa Alex Marquez berkendara dengan cara yang tidak bertanggung jawab hingga menyebabkan kecelakaan, yang melibatkan Joan Mir di Tikungan 12.

BACA JUGA:Fokus MotoGP Misano 2024, Alex Marquez Terima Permintaan Maaf Pecco Bagnaia Atas Insiden Aragon

BACA JUGA:Kerasnya Murid Valentino Rossi Sentil Alex Marquez Salah Tabrak Pecco Bagnaia di Aragon: Dia Buta atau...

“Berdasarkan Protokol Penalti yang dikeluarkan kepada tim, tindakan ini dianggap sebagai insiden Tipe MGP-CC4:,” tulis keterangan resmi FIM Steward.

"Menyebabkan kecelakaan. Kontak dengan pengendara lain yang mengakibatkan pengendara lain mengalami kecelakaan,” tambahnya.

"Sebagai pelanggaran pertama musim ini, hukuman yang tepat dalam kasus ini adalah Hukuman Putaran Jauh (Long lap penalty).”

BACA JUGA:Ditabrak, Pecco Bagnaia Tegas Tuding Alex Marquez Sengaja, 'Data Mendukung Itu'!

BACA JUGA:Meski FIM Sebut Gak Ada yang Salah, Pecco Bagnaia Tetap Salahkan Alex Marquez

MotoGP Australia di Phillip Island berlangsung pada 18-20 Oktober.

Kronologi Kecelakaan Alex Marquez vs Joan Mir

Sejak awal start, Alex Marquez memulai balapan dengan pertarungan dengan Fabio di Giannantonio, Marco Bezzecchi dan Fabio Quartararo untuk memperebutkan tempat kesebelas.

Kemudian terjadi beberapa kekacauan yang menyebabkan Alex Marquez turun ke posisi ke-15, tepat di belakang Mir, yang naik dari posisi ke-17 di grid.

Namun setelah berakselerasi melalui terowongan, Alex Marquez menabrak bagian belakang Mir di tikungan cepat ke-12 di sisi kiri.

BACA JUGA:Pengakuan Alex Marquez Usai Tabrak Pecco Bagnaia di Aragon: Kami Bersenggolan Kecil

Kategori :