AHY Raih Gelar Doktor Unair dengan Predikat Cumlaude

Senin 07-10-2024,23:45 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Marieska Harya Virdhani

SURABAYA, DISWAY.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi meraih gelar Doktor. 

Ia menyelesaikan studi Doktoralnya dan dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude pada Senin, 7 Oktober 2024.

Ujian Doktor Terbuka yang berlangsung di Aula Garuda Mukti, Gedung Kantor Manajemen MERR C Mulyorejo, Universitas Airlangga, Surabaya ini dipimpin oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Moh. Nasih, SE, MT, Ak.

BACA JUGA:Paripurna Spesial, AHY Support Ibas Lahir Batin Sebagai Pimpinan MPR RI

Dalam Ujian Doktor Terbuka itu, Menteri AHY menyampaikan disertasinya yang berjudul 'Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045', di hadapan Pimpinan Sidang, para penyanggah, tamu kehormatan, undangan akademik, serta undangan lainnya.

Ia menyebut visi Indonesia Emas 2045 tidak akan terwujud begitu saja dan perlu kerja keras bersama dari semua pihak.

"Perlu kerja keras bersama yang luar biasa, kuncinya berada di pundak para pemimpin yang transformasional, para orkestrator sumber daya manusia bangsa karena mereka yang akan mampu membangun sinergi dan kolaborasi sekaligus merobohkan tembok-tembok ego sektoral," terang Menteri AHY.

BACA JUGA:AHY Hadiri Ujian Terbuka Program Doktor Dirjen PPTR, Sampaikan Pesan untuk Pemangku Kebijakan

Usai memaparkan orasi ilmiah yang berlangsung kurang lebih 30 menit, Menteri AHY mempertahankan disertasi terhadap sanggahan dari delapan penyanggah yang hadir.

Adapun penyanggah dalam ujian ini antara lain Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA; Dr. Drs. Koko Srimulyo, M.Si; Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak; Prof. Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE.; Prof. Dr. Bambang Sektiari L, DEA., drh.; dan Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM. Bertindak selaku Ko-Promotor dan Promotor, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT., Psi. dan Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D.

Berdasarkan hasil rapat yudisium Ujian Doktor Terbuka, Pimpinan Sidang menyatakan Menteri AHY lulus dalam masa studi 3,1 tahun dengan predikat Cumlaude alias Dengan Pujian.

BACA JUGA:Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik untuk Masyarakat di Lereng Bromo, Menteri AHY Harapkan UMKM Pariwisata Berkembang

Menteri AHY juga sekaligus menjadi Doktor ke-88 dari Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia. "Saudara dinyatakan sebagai Doktor lulusan Universitas Airlangga yang excellence with morality," ucap Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Moh. Nasih, SE, MT, Ak.

Pimpinan Sidang menyatakan bahwa Menteri AHY lulus dengan pujian. Menurutnya, hal ini berdasarkan hasil rapat yudisium ujian doktor terbuka dan dengan mempertimbangkan sejumlah aspek.

Di antaranya prestasi yang telah dicapai dalam pendidikan; ketekunan, kesungguhan kerja dalam melakukan penelitian; ketelitian dan ketekunan dalam mempelajari kepustakaan; kemampuan dalam menarik kesimpulan yang bermanfaat; serta etika dan keberadaban Menteri AHY selama menempuh pendidikan saat menjadi mahasiswa Program Doktor Pascasarjana Universitas Airlangga.

Kategori :