DANA dan Ant International 2024 Umumkan UMKM Perempuan yang Jadi Pemenang SisBerdaya dan DisBerdaya 2024

Jumat 11-10-2024,07:37 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Program SisBerdaya dan DisBerdaya 2024, yang diprakarsai oleh DANA dan Ant International, telah mengumumkan para pemenangnya Kamis 10 Oktober 2024.

Acara penganugerahan yang diselenggarakan kemarin ini menyaksikan enam Pemenang Utama dan 24 Pemenang Unggulan dari program SisBerdaya 2024. Selain itu, lima Pemenang Utama dari program DisBerdaya juga diumumkan.

Pemenang Utama SisBerdaya 2024 Kategori Ultra-Mikro dari Area 1 yang mewakili Indonesia Barat adalah Febrina Bayurini dengan usaha Kesuma Indonesia. Di sisi lain, Putu Ary Dharmayanti dengan usaha BaliBell menjadi pemenang untuk Area 2 yang mewakili Indonesia Timur. Tries Yuliany Fransiska dengan usaha Tries Hands memenangkan kategori untuk Area 3 yang mewakili Jabodetabek.

Selanjutnya, Bella Amanda Iswahudi dengan usaha Quision dinobatkan sebagai pemenang Kategori Mikro dari Area 1 mewakili Indonesia Barat. Sedangkan Kurnia Mariatul Qiftih dengan usaha Mariqi Coklat Chococawa dan Ratih Purwaningsih dengan usaha Selesa Handicraft menjadi pemenang untuk Area 2 dan Area 3 mewakili Indonesia Timur dan Jabodetabek secara berturut-turut. Maria Goretti Yulias Soeyatiani Putri dengan usaha Egoamote meraih gelar Juara Pertama DisBerdaya 2024.

BACA JUGA:SisBerdaya 2024, DANA dan Ant International Memperkuat Kompetensi Wirausahawan Perempuan Demi Persaingan Tingkat Global

Prestasi para pemenang ini diakui secara langsung oleh pihak-pihak berpengaruh seperti Carrie Suen (Vice President, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant International), Noudhy Valdryno (Direktur Kebijakan Publik dan Pengembangan Bisnis, Indonesia di Ant International), Anastuty Kusumowardhani (Kepala Departemen Ekonomi Keuangan Inklusif dan Hijau Bank Indonesia), Edwin Nurhadi (Direktur Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan), serta Suzanna Teten Masduki (Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas).

Maria Goretti Yulias Soeyatiani Putri, Juara I Pemenang Utama DisBerdaya 2024, merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari program ini. Dia menyampaikan bahwa bergabung dalam program DisBerdaya memberinya kesempatan untuk belajar dan terhubung dengan orang-orang baik yang membantu meningkatkan kapasitas bisnisnya. Maria menekankan bahwa kesempatan ini sangat berharga baginya dan telah membantunya untuk meningkatkan kualitas bisnisnya.

Olavina Harahap, Direktur Komunikasi DANA Indonesia, menyatakan bahwa hari ini merupakan waktu bersejarah bagi UMKM perempuan di Indonesia. Perjuangan dan dedikasi para finalis dalam program SisBerdaya dan DisBerdaya 2024 telah membuahkan hasil luar biasa. Dia berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan bisnis yang berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi UMKM perempuan lainnya.

Noudhy Valdryno, Direktur Kebijakan Publik dan Pengembangan Bisnis, Indonesia di Ant International, mengucapkan selamat kepada semua pemenang program SisBerdaya dan DisBerdaya 2024. Dia yakin bahwa pengetahuan dan pengalaman yang didapat para wirausaha perempuan ini akan membawa kesuksesan jangka panjang. Valdryno juga bangga atas kerja sama dengan DANA dalam inisiatif yang bermakna ini, yang terus mendukung para pelaku bisnis untuk berkembang dalam ekonomi digital.

BACA JUGA:Film Kemah Terlarang Kesurupan Massal Tayang Perdana di Bioskop 10 Oktober 2024, Kisah Siswa Terjebak Teror Gaib

Pendaftaran untuk program SisBerdaya 2024 telah dibuka sejak bulan Juli lalu, dengan antusiasme UMKM perempuan di seluruh Indonesia yang sangat tinggi. Program ini kembali mendapatkan dukungan luas dengan lebih dari 1.800 pendaftar. Sementara itu, pada program DisBerdaya 2024, terdapat 37 pendaftar yang merupakan UMKM perempuan penyandang disabilitas dari Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI).

Para pendaftar kemudian disaring menjadi 195 finalis yang mendapatkan pendampingan intensif secara daring. Dari jumlah tersebut, 30 peserta terpilih untuk melanjutkan tahapan berikutnya yaitu pendampingan dan pelatihan keterampilan selama satu bulan oleh pakar professional dan praktisi mitra program.

Program SisBerdaya tahun ini semakin bervariasi dengan latar belakang usaha yang kreatif dan beragam. DANA dan Ant International telah menyusun kurikulum komprehensif untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta, mulai dari manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) hingga teknik pengemasan produk. Di akhir program, para finalis mempresentasikan proposal bisnis mereka kepada juri-juri terkait serta berbagi impian dan cerita inspiratif.

UMKM perempuan dalam program SisBerdaya dan DisBerdaya 2024 telah membuktikan bahwa peran mereka tidak boleh dianggap sebelah mata. Dengan akses yang inklusif dan dukungan ekosistem yang kuat, mereka mampu meningkatkan kesejahteraan finansial, mengembangkan bisnis, dan berkontribusi pada ekonomi negara dengan signifikan.

Kategori :