Kapan Jakarta Turun Hujan Lagi? BMKG Bilang Begini

Sabtu 12-10-2024,05:30 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam beberapa hari terakhir cuaca Jakarta terasa sangat terik dan panas, membuat warga DKI menjadi gerah terutama pada saat memasuki jam-jam siang hari.

Sudah mulai jarang sekali hujan turun di DKI Jakarta dan sekitarnya, sehingga membuat cuaca yang ada hanya panas dan gerah di sepanjang hari.

Padahal, saat ini sudah memasuki bulan Oktober 2024 yang mana seharusnya sudah memasuki musim penghujan tidak lagi hanya gersang dan panas.

Lantas kapan sebenarnya mulai turun hujan di wilayah DKI Jakarta? Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan memberi penjelasan.

BACA JUGA:Kondisi Siwa yang Duel dengan Kakak Kelas Kritis, Polisi Dalami Motif Penganiayaan

Ternyata menurut prediksi BMKG, cuaca hujan baru akan turun di Jakarta sekitar akhir bulan Oktober 2024.

"Secara umum musim hujan di Jakarta akan tiba di akhir Oktober hingga pertengahan bulan November 2024," tutur Ardhasena dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

"Kemudian puncak musim hujan di Jakarta akan terjadi pada Februari tahun berikutnya (2025)," tambahnya.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Andri Ramdhani, menjelaskan bahwa cuaca panas yang saat ini dirasakan di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jakarta, disebabkan oleh musim kemarau yang masih berlangsung atau baru memasuki masa peralihan ke musim penghujan.

BACA JUGA:Jadwal Bioskop Trans TV Hari Ini 11 Oktober 2024, Nonton Film Aksi Jelang Akhir Pekan

Menurut Andri, kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di Jawa hingga Nusa Tenggara, didominasi oleh cuaca cerah dan minimnya pertumbuhan awan terutama pada siang hari.

Andri menyampaikan bahwa kondisi cuaca ini menyebabkan sinar Matahari pada siang hari dapat mencapai permukaan Bumi tanpa hambatan signifikan dari awan di atmosfer.

Hal ini mengakibatkan suhu di luar ruangan terasa sangat panas. Dia juga menekankan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia yang berada di selatan garis ekuator masih mengalami musim kemarau, sementara wilayah lainnya akan segera memasuki periode peralihan musim pada bulan Oktober hingga November. Jadi, cuaca cerah masih akan mendominasi pada siang hari.

BACA JUGA:Daftar 7 Promo Makanan dan Minuman Pakai wondr by BNI 10-14 Oktober 2024, Jangan sampai Kehabisan!

Dalam konteks ini, penting bagi masyarakat untuk tetap waspada terhadap dampak cuaca panas yang ekstrem. Andri menyarankan agar masyarakat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan, seperti menghindari paparan sinar Matahari langsung pada jam-jam tertentu, menggunakan perlindungan dari panas seperti topi dan kacamata hitam, serta menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air.

Kategori :