Arya Sinulingga Bantah Ucapan Windsor John Soal PSSI Belum Melayangkan Protes ke AFC: Saya Bingung

Senin 14-10-2024,06:48 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Benarkah PSSI belum mengirimkan surat protes kepada pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait dengan keputusan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf di pertandingan Bahrain vs Timnas Indonesia?

Informasi tersebut disampaikan oleh Sekjen AFC, Windsor John yang mengatakan bahwa PSSI belum melayangkan protes terkait hal tersebut.

Windsor John menyebut bahwa protes yang diajukan oleh PSSI dinilai tidak detail sehingga perlu penegasan lagi dalam surat yang dirikimkan mereka.

Hal itu disampaikan oleh Windsor John kepada media New Straits Times pada Minggu, 13 Oktober 2024 kemarin.

BACA JUGA:Resmi, PSSI Kirim Surat Protes Ulah Wasit Timnas Indonesia Vs Bahrain ke FIFA

"Kami butuh PSSI untuk mengklarifikasi apa yang mereka keluhkan, apakah itu performa, manajemen waktu, atau masalah spesifik lainnya. Kami sudah mendengar berbagai laporan, tetapi keluhan itu harus terperinci," ujar Windsor John.

PSSI memberikan klaim bahwa mereka sudah mengirim surat protes terhadap kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf karena dinilai adanya keputusan kontroversial yang lebih condong menguntungkan tim tuan rumah, Bahrain.

Dan yang membuat tambah kesal yakni saat tambahan waktu 90+6 seharusnya sudah selesai, tapi Ahmed Al Kaf baru meniup peluit tanda pertandingan selesai pada menit ke-90+9.

Pada akhirnya Timnas Indonesia yang tadinya unggul 2-1 justru kebobolan di menit ke 90+9 sehingga memaksa Skuad Garuda harus mendapat hasil imbang 2-2.

BACA JUGA:Dear PSSI, Pemain Sayap Vitesse Keturunan Darah dari Depok Miliano Jonathans Terbuka Bela Timnas Indonesia

Anggota Exco PSSI, Arya Mahendra Sinulingga mengungkap bahwa pihaknya telah mengirimkan protes mengenai kepemimpinan Ahmed Al Kah setelah pertandingan Bahrain vs Timnas Indonesia berakhir.

Terlihat dari akun Instagram-nya, Arya menyatakan bahwa Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, telah mengirimkan surat protes yang diterima oleh match commisioner pada tanggal 10 Oktober pukul 22.04 waktu setempat.

"Saya dan kita bingung juga ya dengan yang namanya Sekretaris Jenderal AFC. Pada tanggal 10 Oktober, segera setelah pertandingan berakhir, Pak Sumardji telah melaporkan kepada match commisioner mengenai waktu pertandingan yang melebihi batas waktu 96 menit. Pak Sumardji telah menandatangani surat protes yang diterima oleh match commisioner," ujar Arya sambil menunjukkan surat protes yang dikirim oleh Sumardji.

Bukan hanya AFC saja, Arya juga mengungkapkan bahwa PSSI telah mengirimkan surat protes ke FIFA keesokan harinya.

BACA JUGA:Perbasi dan PSSI Menjalin Kerja Sama dengan Kemenkumham Terkait Pemain Naturalisasi

Kategori :