Smelter Freeport Meledak Tak Lama Setelah Diresmikan Jokowi

Selasa 15-10-2024,08:57 WIB
Reporter : Sabrina Hutajulu
Editor : Reza Permana

SURABAYA, DISWAY.ID - Smelter Freeport meledak pada Senin 14 Oktober 2024 sore hingga api dan asap tebal membumbung tinggi.

Dalam video yang beredar di media sosial, nampak para pekerja smalter Freeport panik dan berhamburan, serta terlihat api yang berkobar.

VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia Katri Krisnati mengonfirmasi bahwasanya benar telah terjadi kebakaran smelter yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi pada September lalu itu.

BACA JUGA:Alexander Marwata Diagendakan Hadir Pemeriksaan di PMJ Pagi Ini

BACA JUGA:8 Daftar Nama Calon Menteri dari Golkar yang Dipanggil Prabowo, Ada Petinggi Partai hingga Mantan Bupati Batang

Serta ia memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Ia mengatakan bahwasanya kebakaran di pabrik asam sulfat smelter PTFI, di KEK Gresik terjadi Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB. 

"Seluruh karyawan telah dipastikan aman dan tidak ada cedera yang dilaporkan. Keselamatan seluruh karyawan adalah prioritas utama kami," katanya.

BACA JUGA:10 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs China di Depok Hari ini, Yuk Kawal Skuad Garuda!

BACA JUGA:Rekap UEFA Nations League 2024/2025, Timnas Italia Pesta Gol!

Lebih lanjut kata Katri pihaknya akan melakukan evaluasi terkait penyebab utama kebaran tersebu.

"Freeport Indonesia akan melakukan asesmen dari kerusakan yang terjadi. Juga akan melakukan evaluasi terkait penyebab utama kejadian ini setelah area di unit ini aman untuk dimasuki," tandasnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo resmi membuka smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik, Jawa Timur, pada Senin, 23 September 2024. 

BACA JUGA:Gopay dan DANA Buka Suara Atas Teguran Kominfo Terkait Judi Online

BACA JUGA:Diminta Bantu Prabowo di Pemerintahan, Nasaruddin: Bidangnya Tak Jauh dari Keseharian Saya

Kategori :