Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Jadi Calon Menteri Prabowo-Gibran

Selasa 15-10-2024,10:24 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Mantan istri Ahok, Veronica Tan tiba-tiba saja dipanggil presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto untuk datang ke kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 14 Oktober 2024 pada pukul 19.30 WIB.

Tidak diketahui secara jelas apa skema yang dipasang Prabowo dengan memanggil Veronica Tan juga, tetapi disinyalir bahwa wanita berusia 46 tahun itu akan menjabat sebagai salah satu menteri di Kabinet Prabowo.

Akan tetapi, dikabarkan Veronica bakal dipilih Prabowo untuk menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA).

Saat ditanya untuk konfirmasi, Veronica Tan tidak mau memberitahu sebenarnya apa posisi atau jabatan yang dimandatkan kepadanya dalam kabinet Prabowo-Gibran.

BACA JUGA:Dipanggil Prabowo, Mantan Istri Ahok Veronica Tan Akui Bahas Terkait Anak

"Kita membantu masyarakat, ibu-ibu, anak-anak. Jadi saya bilang 'Iya, siap Pak!'," ujar Veronica kepawa awak media.

Diketahui Veronica Tan menjadi salah satu orang yang dipanggil ke rumah Prabowo dari total 48 nama calon menteri kemarin. Apakah ada kejutan?.

PROFIL SINGKAT VERONICA TAN


Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Veronica Tan turut menyambangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto-Disway.id/Anisha Aprilia-

Veronica Tan, putri sulung dari tiga bersaudara yang lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 6 September 1977. Setelah lulus dari SMA, mantan istri Ahok itu memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH) di Jakarta. Namun, sayangnya ia tidak menyelesaikan pendidikan tersebut.

BACA JUGA:Mantan Istri Ahok Veronica Tan Sambangi Kediaman Prabowo di Kertanegara, Jadi Calon Menteri?

Memasuki usia 19 tahun, Veronica menikah dengan Ahok pada tanggal 6 September 1997. Keduanya pertama kali bertemu saat aktif di Gereja Kristus Yesus, Pluit, Jakarta pada tahun 1994.

Dari pernikahan Ahok dan Veronica Tan, mereka dikaruniai tiga orang anak: Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama.

Veronica mendampingi Ahok sebagai seorang pengusaha di Belitung Timur sebelum keduanya akhirnya terjun ke dunia politik. Sebelum bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahok pernah menjadi anggota Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang dipimpin oleh Dr. Sjahrir pada tahun 2003. Kemudian, Ahok terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur hingga tahun 2005.

Pada tahun 2009, Veronica kembali ke Jakarta setelah Ahok terpilih sebagai anggota Komisi II DPR periode 2009-2014 mewakili Partai Golkar. Kemudian Ahok dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014, sebelum akhirnya menjadi Gubernur hingga 2017.

BACA JUGA:Ini Makna Imlek Menurut Veronica Tan, Mantan Istri Ahok

Kategori :