Coach Justin 'Tampar' Shin Tae-yong: Eksperimen Aneh!

Rabu 16-10-2024,09:01 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

JAKARTA, DISWAY.ID - Coach Justin Lhaksana merasa kesal dengan keputusan taktik Shin Tae-yong yang membuat eksperimen aneh pada saat melawan Tiongkok pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Menurut Coach Justin, langkah yang diambil Shin Tae-yong sudah sangat blunder karena seharusnya Timnas Indonesia bisa mencuri poin penuh di markas Tiongkok kemarin. Namun, gaya permainannya pun berbanding terbalik.

Justru, kata Coach Justin, kenapa bisa Shin Tae-yong malah menurunkan pemain seperti Witan Sulaeman dan Asnawi Mangkualam tapi pada akhirnya kedua pemain tersebut sama sekali tidak perfom.

"Dan yang gue bingung adalah kenapa mainin Witan sama Asnawi (Mangkualam) dari awal, lo nggak mainin Thom Haye aja. Sandy Walsh lo ganti juga, that's oke lah, cuma Asnawi menit berapa sih diganti?," ujar Coach Justin, dikutip dari kanal YouTube pribadinya pada Rabu, 16 Oktober 2024.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Ungkap Peluang Kemenangan Jay Idzes Dkk, Tiga Poin Harga Mati Timnas Indonesia

"Makannya, sampai kita bahas tadi harusnya Asnawi, Witan, sama Ragnar harusnya diganti tapi Ragnar main di sayap agak lumayan levelnya bukan bagus, tapi lumayan," tuturnya menambahkan.

Selain itu Coach Justin juga kecewa dengan adanya jarak antara lini per lini menjadi sangat jauh sehingga siklus aliran bola tidak dapat berjalan dengan mulus ke depan.

Dan yang menjadi pertanyaan Coach Justin lagi, kenapa seorang Rizky Ridho yang seharusnya bisa main sejak menit awal justru dibangkucadangkan oleh seorang Shin Tae-yong. Sungguh aneh.

"Kok bisa gap antara lini terlalu jauh, Rizky Ridho kemarin itu main hanya 15 menit kalau enggak salah atau 25 menit kalau enggak salah gak lama lah, dia main bagus. Iya kan, Calvin Verdonk di kiri cukup bagus juga kenapa lo enggak turunin yang bener-bener lagi bagus gitu, Malik Risaldi menunjukkan fighting spirit yang luar biasa (Vs Bahrain), yang jelek kan cuma Jordi Amat doang kasarnya gitu," pungkas Coach Justin.

BACA JUGA:Kagetnya Shin Tae-yong Saat Tahu Timnas Pernah Dibantai 10-0 Oleh Bahrain

"Makanya pada saat Jordi Amat diganti, kita lebih bermain di tengah, siapa yang salah kalau udah begini? Shin Tae-yong, malah nurunin line upnya begitu," sambungnya.

Dengan demikian Coach Justin secara terbuka mengkritisi habis seorang Shin Tae-yong karena 'keanehannya' dalam mengambil keputusan melawan tim sekelas Tiongkok padahal Skuad Garuda sangat membutuhkan sekali 3 poin di kandang lawan.

"Gue asli deh, kali ini gue kritik STY, gue enggak paham pergantian pemainnya sama sekali, enggak boleh lo bereksperimen kayak gitu, lo harusnya turunin pemain yang sebelumnya main bagus. Buat apa kalau main bagus tapi pertandingan selanjutnya malah dicadangin, kecuali lo main kayak babak kedua bisa aja tapi kalau lo cadangin Haye lagi ya good luck aja," lugasnya.

Kategori :