Sampai masuk Tol Cipularang, sistem hybridnya mulai kerja otomatis. Ketika baterai menyentuh angka 25%, mobil beralih ke mode Hybrid Electric Vehicle (HEV) secara mulus, tanpa suara perpindahan mesin sama sekali.
Sekitar pukul 16.50 WIB, rombongan berhenti di Rest Area KM 72 Tol Cipularang.
Odometer menunjukkan sudah menempuh lebih dari 100 km, dan masih minim konsumsi bensin.
Dikatakan Brian, peserta dari media online, konsumsi energi relatif irit yang terkombinasikan baterai dan bensin dengan apik. Klaim pabrikannya sih, bisa tembus 76 km/l dari kombinasi hybrid.
"Tadi di KM 108 sempat pindah mode ke HEV, tapi setelah kita aktif EV+, mobil kembali bertahan di mode listrik meski baterai tinggal 20%,” ujarnya.
Alhasil, tim sampai di Bandung. Anggapan sementara, pemakaian energi masih terbilang irit.
Sebab, besok masih akan diuji lagi dari Bandung ke PIK 2. Apakah benar terakumulasi irit bingit?
Dus demikian pernalanan Tol Cipularang yang dikenal punya banyak tanjakan yang biasanya bikin boros dan bikin mesin meraung, kali ini berhasil dilibas cukup irit.
Bahkan Chery Tiggo 8 CSH saat melintasinya tadi terbilang santuy. Suspensinya empuk, sistem 5-link independent suspension sukses meredam guncangan.
Plus, teknologi dual hydraulic mount membuat getaran nyaris nggak terasa.
Hal itu tidak lepas dari dapur pacu yang digendongnya.
Sedikit kilas balik soal dapur pacunya, Chery Tiggo 8 CSH mengusung:
- Mesin: 1.5L turbocharged DHE (Dedicated Hybrid Engine)
- Tenaga kombinasi: 204 PS dan torsi 310 Nm
- Baterai: 19,27 kWh
- Konsumsi listrik murni: Tembus 90 km EV range
- Konsumsi kombinasi hybrid: Klaim tembus 76 km/l
- Total jangkauan: Lebih dari 1.300 km
BACA JUGA:Kejutan Istimewa Tandai Serah Terima 100 Unit Chery TIGGO 8 CSH Kepada Konsumen Indonesia
Tips Hemat dari Tim Chery
Kalau kamu mau merasakan efisiensi maksimal seperti tim test drive, ini beberapa tips yang panitia bagikan:
- Gunakan mode EV+ sejak awal, tapi pastikan baterai di atas 15%
- Hindari mode Power Saving terlalu cepat, biarkan sistem hybrid bekerja cerdas secara otomatis
- Kecepatan ideal: 80–85 km/jam di tol
- Aktifkan rem regeneratif, supaya energi pengereman dikonversi jadi tenaga listrik