Kini, UMKM dapat melakukan perhitungan mandiri melalui situs resmi BPOM tanpa harus melakukan uji laboratorium, selama produk termasuk dalam daftar 163 Jenis Pangan yang telah ditetapkan.
BACA JUGA:SIJORI Jadi Regional Gateway Al Asia Tenggara, Indonesia Tunjukkan Posisi Strategis
BACA JUGA:Promo Superindo Weekday Terbaru 14-17 Juli 2025, Tropical Minyak Goreng Rp37.900
Senior General Manager Social Responsibility Telkom Hery Susanto menyampaikan, ”Packfest bukan sekadar cetak kemasan.
Ini adalah upaya memperkuat pondasi UMKM secara menyeluruh, mulai dari tampilan produk, pemenuhan regulasi, hingga membentuk citra usaha yang modern dan terpercaya.
Inisiatif ini juga selaras dengan pencapaian SDGs poin 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi) dan poin 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab).”
Dengan hadirnya Packfest 2025, Telkom tak hanya mendukung aspek visual dari produk UMKM, tetapi juga mendorong pemenuhan standar informasi pangan yang kredibel.
Inisiatif ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat daya saing UMKM di tengah pasar yang semakin kompetitif.
BACA JUGA:Promo Alfamart Terbaru Pekan Ini 14-20 Juli 2025, Belanja Rinso Cuma Rp9 Ribuan
BACA JUGA: PNM Fasilitasi 50 Nasabah Mekaar Jualan di Stadion Jalak Harupat, Untung Berlipat!
Melalui kemasan yang layak, terstandar, dan menarik, produk lokal kini lebih siap bersaing di etalase nasional maupun digital.
Karena bagi Telkom, mendorong pertumbuhan UMKM tak cukup hanya dengan niat baik, tetapi juga melalui aksi nyata agar setiap produk bisa #KemasanNaikKelas.