-Lutut menjepit / mendekap tangki untuk motor sport, sedangkan untuk motor matik posisi kaki / lutut masih di dalam area body motor, hindari kaki terbuka karena akan mengurangi keseimbangan dan potensi terkena kendaraan lain saat kondisi macet.
BACA JUGA: Doddy Sudrajat Datang Tak Diundang ke Rumah Gala Sky, Haji Faisal Marah: Itu Melanggar Etika..
BACA JUGA:Nathalie Holscher Ajak Putri Delina Move On: Boleh Lihat Sedikit ke Belakang, Tapi..
-Posisi telapak kaki lurus ke depan, ini memudahkan dalam melakukan pengereman dan juga perpindahan gear (untuk tipe motor sport dan bebek).
2.Pengereman
-Konsentrasi, pastikan kondisi di depan jaraknya cukup untuk melakukan pengereman dan tentukan titik mulai pengeremannya.
-Gunakan rem depan dan belakang secara halus dan bersamaan.
-Pastikan posisi motor dalam keadaan lurus (terutama untuk kecepatan menengah sampai tinggi).
BACA JUGA:60 Persen Negara Berkembang Sulit Dapat Utang, di Forum G20 Sri Mulyani Minta Dipermudah
BACA JUGA:Dorna Relakan Suzuki Mundur dari MotoGP, Joan Mir dan Alex Rins Gabung Honda?
3.Saat akan melewati tikungan / berbelok
-Sebelum tikungan, kurangi kecepatan (tutup gas, menurunkan gear, gunakan rem kombinasi depan dan belakang, ini dilakukan sebelum memasuki tikungan. dan pandangan melihat ke arah tikungan).
-Selama melewati / berada di tikungan, gunakan kecepatan yang bisa kita kendalikan, hindari menurunkan gear atau melakukan pengereman yang keras (hard braking), ini akan membuat keseimbangan motor berkurang.
-Saat keluar tikungan, pandangan ke depan melihat target yang dituju dan mulai menambah kecepatan (buka gas).