Kalender Jawa Weton Lengkap Hari Ini 23 Desember 2022: Arti dan Tutorial Menghitungnya Cek di Sini

Jumat 23-12-2022,11:20 WIB
Reporter : Risto Risanto
Editor : Risto Risanto

BACA JUGA:Ramalan Angel Di Maria Bakal Jadi Juara Dunia, Pesan WhatsApp ke Istri Jadi Bukti: 'Semua Sudah Tertulis Saya Akan Cetak Gol'

Untuk mengetahui tanggal hari ini menurut kalender Jawa, Anda bisa menggunakan konversi tanggal dari kalender Gregorian (kalender yang sering digunakan di seluruh dunia) ke kalender Jawa. Berikut adalah cara untuk mengonversi tanggal hari ini menurut kalender Gregorian ke dalam kalender Jawa:

- Cari tahun Masehi (tahun Gregorian) yang sama dengan tahun Jawa yang ingin Anda cari. Anda bisa menggunakan tabel konversi tahun Jawa ke tahun Gregorian atau menggunakan kalkulator online.

- Tentukan bulan dan tanggal hari ini menurut kalender Gregorian.

- Tentukan pasaran atau periode wuku (5 hari) hari ini menurut kalender Jawa. Pasaran terdiri dari 5 hari yang disebut wuku. Ada 35 wuku dalam setahun menurut kalender Jawa.

- Tentukan nama hari hari ini menurut kalender Jawa. Hari terdiri dari 7 hari yang disebut inggith, yaitu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

- Tentukan nama bulan hari ini menurut kalender Jawa. Nama-nama bulan menurut kalender Jawa adalah:

BACA JUGA:Aplikasi JMO Eror! Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

BACA JUGA:Tutorial Mengatasi Aplikasi Shopee Error, Simak Cara Lengkapnya di Sini

Suro, Pawukon, Mulud, Tolo, Gumbreg, Srono, Dulkodah, Besar, Pawuwus, Jemah, Wulan, Dulkijah.

Setelah Anda mengetahui tahun, bulan, tanggal, pasaran, hari, dan nama bulan hari ini menurut kalender Jawa, maka Anda dapat menyusun tanggal hari ini menurut kalender Jawa lengkap.

Contoh:

Jika hari ini adalah tanggal 23 Desember 2022 menurut kalender Gregorian, maka tahun Masehi yang sama dengan tahun Jawa adalah 2022. Bulan dan tanggal hari ini adalah Desember dan 23.

Pasaran hari ini adalah Wuku Jiyé. Hari hari ini adalah Minggu. Nama bulan hari ini adalah Dulkijah.

Jadi, tanggal hari ini menurut kalender Jawa adalah: Minggu, 23 Dulkijah 2022 Wuku Jiyé.

Kategori :