Cucu Pendiri Israel Desak Jokowi Tolak Timnas Israel Tampil di Piala Dunia U20, Miko Peled: Tidak Ada Toleransi untuk Israel dan Zionisme!

Rabu 15-03-2023,12:05 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Dimas

Dia berharap Indonesia bisa berdiri berdampingan bersama Palestina dan bersama-sama bisa membebaskan Palestina.

"Bersama-sama kita bisa membebaskan penderitaan dan akhir dari rezim apartheid," sebut Miko.

Postingan kemudian mendapat reaksi beberapa netizen.

BACA JUGA:Sosok Bidan Bohay Terkuak Usai Mantri Suntik Mati Kades di Serang Banten, Isu Perselingkuhan Menguat

“Kalau gak ada hubungan diplomatik….gimana mau dapat visa ya…,” ujar akun@martyn797.

Sementara akun @kodekerashyuhu mengatakan, "Kalau Indonesia yang mengaturnya sih bisa, tetapi ini FIFA loh, gimana ibarat FIFA itu bos dan Indo adalah budak/babu gimana mau ngatur?

“Pinginya sieh gitu, tp Indonesia kena sangsi gk kalau gk di izinkan. Takutnya sepak bola kita nanti kena saksi di FIFA,” ujar akun@asingdeles1774.

Polemik ini tak lepas dari isu politik antara kedua negara Indonesia yang tak pernah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

BACA JUGA:Erick Thohir Angkat Bicara Terhadap Rumput Stadion GBK Jakarta Rusak Jelang Opening Ceremony Piala Dunia U-20 2023

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), Teuku Faizasyah, keikutsertaan Israel tidak mengubah sikap Indonesia dalam mendukung Palestina.

"Sejauh ini posisi prinsip Indonesia terhadap isu Palestina itu terkait persiapan acara terus dijalankan," ungkap Faiz.

Katanya, Indonesia akan menghormati aturan FIFA terkait kejuaraan Piala Dunia U-20 yang sudah berjalan.

"Kami tegaskan kembali politik Indonesia konsisten dan akan tetap konsisten, adapun partisipasi semua tim dan aturan main (Timnas) Under 20 itu ditetapkan oleh FIFA," tegas Faizasyah. 

Diketahui selama ini memang Indonesia masih mendukung kemerdekaan rakyat Palestina seperti yang digariskan dalam kebijakan luar negerinya. 

Bahkan hingga kini Indonesia masih tidak mengakui keberadaan negara Israel dengan tidak membuka hubungan bilateral antara keduanya.

Sebaliknya Indonesia telah sejak lama mengakui kemerdekaan Palestina dengan membuka hubungan diplomasi antara kedua negara.

Kategori :