Kapan Puasa Muharram 2023? Simak Jadwalnya Berikut Ini

Senin 17-07-2023,15:39 WIB
Reporter : Amanda Fanny
Editor : Amanda Fanny

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa di bulan Allah–Muharram. Sementara itu, sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam", (HR Muslim).

Ajakan berpuasa di bulan Muharram ini juga dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW berikut: 

“Apabila engkau ingin puasa setelah Ramadhan, maka puasalah di bulan Muharram. Sesungguhnya bulan itu adalah bulan Allah dan pada bukan itu pula terdapat satu hari di mana ketika suatu kamu bertaubat, Allah juga akan menerima taubat kaum yang lain”, (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Satgas Anti Mafia Bola Panggil Direktur Wasit PSSI Terkait Pungli Seleksi

BACA JUGA:Slank Banjir Kritik Netizen Usai Rilis Lagu 'Polisi yang Baik Hati': Band Bergenre APBN!

Jadwal Puasa Muharram 2023

Perlu diketahui, berpuasa pada bulan Muharram yang direkomendasikan tidak hanya pada tanggal 1 saja. 

Namun juga pada tanggal 9 yang dikenal sebagai puasa Tasu’a, tanggal 10 atau puasa Asyura, dan juga tanggal 13, 14, serta 15 yang dikenal sebagai Ayyamul Bidh.

Berikut jadwal lengkap kapan puasa Muharram 2023 selengkapnya:

  • Puasa Tasu'a 9 Muharram 1445 H: 27 Juli 2023
  • Puasa Asyura 10 Muharram 1445 H: 28 Juli 2023
  • Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Muharram 1445 H: 31 Juli-2 Agustus 2023

BACA JUGA:Rem Blong! Kronologi Bus dari Jakarta Masuk Jurang Sedalam 10 Meter di Sitinjau Lauik, Belasan Korban Masuk Rumah Sakit!

BACA JUGA:Kenalkan Anies Ke Indonesia, Koalisi Perubahan Gelar Konsolidasi Tiga Partai Politik

Dengan melaksanakan puasa selama bulan Muharram, berarti sebagai umat Muslim kamu telah melaksanakan salah satu puasa sunnah yang sangat disarankan.

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA menyatakan bahwa puasa di bulan Muharram ini akan memberikan pahala yang setara dengan berpuasa selama satu bulan penuh.

Rasulullah SAW bersabda:

"Orang yang puasa pada hari Arafah maka menjadi pelebur dosa dua tahun, dan orang yang puasa sehari di bulan Muharram, maka baginya hilang puasa satu bulan karena pahalanya seperti 30 hari puasa", (HR At-Thabrani dalam al-Mu’jamush Shaghir).

Itu dia penjelasan seputar kapan puasa Muharram 2023 yang perlu kamu ketahui. 

Kategori :