Wamen Rosan: Inklusivitas Keuangan Jadi Landasan Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Rabu 06-09-2023,22:05 WIB
Reporter : M. Ichsan
Editor : M. Ichsan

"Terakhir, untuk perbankan digital, Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN juga telah membangun solusi perbankan digital, salah satunya mobile banking BNI yang telah tumbuh 59,6% year on year menjadi 7,8 juta pengguna pada tahun 2020,” jelas Rosan.

“Inklusi keuangan bukan sekadar tujuan dari ekonomi saja, melainkan juga unutk kepentingan sosial. Kami sangat berharap, diskusi dalam forum ini akan menghasilkan solusi terhadap tantangan inklusivitas keuangan yang kita hadapi di kawasan, untuk menjaga stabilitas dan kesejahteraan di Kawasan ASEAN,” pungkas Rosan.

Menyadari pentingnya akselerasi digital dan inklusi keuangan khususnya pada sektor UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian, Telkom yang memegang peranan penting dalam membangun konektivitas digital di Indonesia juga turut memperluas akselerasi melalui INDIBIZ. 

INDIBIZ akan menjadi platform yang berfokus untuk meningkatkan keterampilan dan berkolaborasi dalam ekosistem untuk meningkatkan kapabilitas UMKM dan inklusivitas digital Indonesia.

Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, FM Venusiana mengatakan “INDIBIZ akan menjadi solusi untuk menaik kelaskan UKM Indonesia melalui 4 pilar

Yaitu, solusi platform dan layanan digital, kolaborasi dengan start up atau developer yang fokus menyediakan produk-produk dan solusi untuk UKM, kolaborasi pembiayaan dengan lembaga keuangan, serta kolaborasi dengan komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas UKM. 

Diharapkan dengan solusi end-to-end yang ada di ekosistem INDIBIZ dapat meningkatkan daya saing dan mendigitalisasi UKM Indonesia.”

Selain INDIBIZ, Telkom juga terus mendukung peningkatan akselerasi digital demi memperluas inklusi keuangan di Indonesia melalui cakupan konektivitas Telkom Group yang telah menjangkau lebih dari 98% penduduk Indonesia.

Menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat Data Center di kawasan ASEAN dengan memiliki 30 fasilitas data center (25 domestik & 5 luar negeri) dan tersebar di 4 negara(Indonesia, Singapura, Hongkong, dan Timor Leste) dengan klasifikasi Tier 3 dan Tier 4. 

Dan menghadirkan Digico sebagai akselerator digitalisasi perusahaan dengan menyediakan produk-produk prioritas untuk mendukung kemajuan digitalisasi masyarakat.

Dalam hal ini, kemajuan digitalisasi Indonesia akan selalu menjadi fokus utama Telkom untuk mendukung kemajuan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Kategori :