Akhirnya Pengganti KH Marzuki Mustamar Terjawab, Cucu Hadratussyekh KH Hasyim Asy`ari Jadi Pj Ketua PWNU Jawa Timur

Kamis 11-01-2024,13:29 WIB
Reporter : Khomsurijal W
Editor : Khomsurijal W

“Apalagi beliau (Gus Kikin) saat ini juga Pengasuh Pesantren Tebuireng dan juga cucu Hadratussyekh, insyaallah akan mampu menjalankan kepemimpinan organisasi  dalam masa transisi ini,” kata Gus Ipul.

Sebelumnya, Pengurus Cabang NU (PCNU) mempercayakan kelanjutan kepengurusan PWNU Jawa Timur dapat dilakukan sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang berlaku.

"Kita harapkan penggantian ini melalui proses yang sesuai tata aturan. Dan kami percaya bahwa PBNU akan melakukan itu," kata Ketua PCNU Surabaya, Habib Umarsyah, Selasa 2 Januari 2024. 

Terkait nama pengganti Kiai Marzuki, dirinya menyerahkan sepenuhnya dalam pembahasan rapat PBNU.

BACA JUGA:Khofifah Resmi Jadi Jurkamnas Prabowo-Gibran, Ini Target Suaranya di Jawa Timur

"Kami menunggu saja. Karena itu kan haknya PBNU. Karena Syuriah PWNU Jatim sudah menyerahkan sepenuhnya kepada PBNU. Kita tinggal manut saja siapa nanti yang terpilih. Karena pasti yang terbaik. Bagi PCNU Surabaya, kami siap dukung," jelas Umarsyah. 

Diketahui, KH Marzuki Mustamar dicopot sebagai Ketua PWNU Jawa Timur setelah diumumkan langsung oleh Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Pengumuman dilakukan melalui pertemuan PBNU di Surabaya yang diikuti para PCNU se-Jawa Timur.

Mengetahui dirinya dicopot sebagai Ketua PWNU, Kiai Marzuki mengaku akan menerima keputusan bila memenuhi prosedural.


PBNU memberhentikan Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.-Tangkapan layar-

"Tentu harus diterima, enggak usah geger-geger (ribut-ribut) ramai-ramai, tapi kalau misalnya ada yang salah dari keputusan itu, maka siapapun punya tugas dan kewajiban untuk mengingatkan yang salah. Dalam Quran, watawa saubil haqqi wa tawaa saubis sabr, saling mengingatkan supaya tetap benar dan tetap sabar," ujarnya.

Ia pun mengimbau semua pihak termasuk santri dan umat untuk bersikap tenang menanggapi pencopotan dirinya.

Tags :
Kategori :

Terkait