Tol Serpong - Balaraja di Tangerang Sepanjang 5,40 KM Diprediksi Siap Beroperasi Kuartal III 2024

Kamis 20-06-2024,10:55 WIB
Reporter : Syifa Lulu
Editor : Syifa Lulu

JAKARTA, DISWAY.ID - Beberapa bulan lagi, pengguna kendaraan roda empat bisa melintasi jalan tol baru yang berada di Tangerang.

Tol baru yang siap beroperasi di Tangerang yakni Tol Serpong - Balaraja dengan panjang lintasan mencapai 5,40 kilometer (KM).

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Bumi Serbajaya hingga kini masih menyelesaikan pembangunan infastruktur di jalan tol tersebut.

BACA JUGA:Viral Pengendara Motor Masuk-Lawan Arah di Tol MBZ, Begini Kronologinya!

Diketahui, jalan Tol Serpong - Balaraja merupakan bagian dari salah atu Proyek Stategis Nasional (PSN).

Adanya pembangunan jalan Tol Serpong - Balaraja bertujuan meringankan beban jalanan di kawasan Tangerang Raya, Benteng yang selama ini sering dilewati oleh macam kendaraan termasuk dengan kendaraan berat.

Selain itu, pembangunan ini juga memberikan peran penting dalam meningkatkan akses konektivitas dan peningkatan perekonomian masyarakat Banten, Jakarta, dan sekitarnya semakin lancar.

Saat ini, pembangunan tersebut jalan dalam tahap penyelesaian kontruksi Tol Serpong - Balaraja Seksi 1B CBD-Legok sepanjang 5,40 KM dengan progres mencapai 94,44 persen.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Identitas Pengemudi Porsche yang Tewas Usai Tabrak Truk di Tol Dalam Kota

Ruas tol baru di Tangerang ini diprediksi selesai konstruksi dan segera beroperasi pada kuartal 3 tahun 2024.

Sebelumnya, Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A BSD-CBD dengan panjang 5,15 KM telah resmi beroperasi pada tahun 2022 lalu.

Sementara itu, Seksi 2 Legok - Pasir Baru Sepanjang 11,54 KM dan Seksi 3 Pasar Barat - Balaraja 18,57 KM masih dalam tahap persiapan.

Tol Serpong - Balaraja nantinya akan terhubung dengan sejumlah jalan tol lain seperti Tol Serpong - Ulujami yang juga terkoneksi dengan Jalan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) 1 dan 2.

Kategori :