Satgas Damai Cartenz Lumpuhkan Satu Anggota KKB Pimpinan Undius Kogoya

Senin 08-07-2024,08:07 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, berhasil menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undius Kogoya bernama Basoka Lawiya.

Kabar ini dibenarkan oleh Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

"Kami melakukan Razia dan mengamankan satu KKB atas nama Basoka Lawiya. Ia merupakan anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Undius Kogoya dan terlibat langsung dalam sejumlah Aksi Kriminal yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya dan juga di Kabupaten Paniai," kata Faizal kepada wartawan, Senin, 8 Juli 2024.

Faizal mengatakan Lawiya ditangkap di Kabupeten Nabire, Papua Tengah pada Minggu 7 Juli 2024, pukul 17:55 Wit.

BACA JUGA:Penjelasan BMKG dan BPBD tentang Gempa Dangkal di Batang Akibat Sesar Aktif

BACA JUGA:Terungkap 5 Janji Manis Hasyim Asy'ari Demi Bisa Hubungan Badan Bareng CAT, DKPP Ungkap Faktanya

Sementara itu, Kepala Satgas Humas Damai Cartenz, Kombes Bayu Suseno mengatakan, Basoka Lawiya dilumpuhkan aparat dikarenakan pada saat ditangkap yang bersangkutan melakukan perlawanan terhadap petugas.

"Saat ini jenazah KKB Basoka Lawiya masih berada di RSUD Nabire. Apabila proses identifikasi telah selesai, pihak keluarga yang berada di Nabire dapat mengambil jenazahnya di RSUD Nabire", kata Bayu Suseno.

Bayu menegaskan bahwa, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 akan terus melakukan penindakan terhadap Kelompok KKB yang menganggu stabilitas Keamanan di Papua dan melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan yang ditimbulkan oleh kelompok KKB ini.

BACA JUGA:Thiago Alcantara Resmi Putuskan Pensiun Usai Tak Kuat Jadi 'Langganan BPJS' Terus

BACA JUGA:Ada 7 Peristiwa Besar yang Diprediksi Terjadi Setelah Bulan Suro 2024

Dalam meningkatkan keamanan di wilayah Papua, pihak TNI kembali mengirimkan ratusan pasukan ke Papua untuk melakukan pengamanan di berbagai wilayah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisani Papua Merdeka atau TPNPB OPM atau OPM Papua dalam postingannya di media sosial.

Dalam postingan tersebut dikatakan pada tanggal 5 Juli 2024 lalu ratusan TNI kembali dikirim ke Papua yang datang melalui pelabuhan Nabire menggunakan kapal yang akan disebar ke beberapa kabupaten di wilayah Meepago Provinsi Papua Tengah.

BACA JUGA:Bawaslu Ingatkan Pengawas Pemilu di Pidie Jaya untuk Waspadai Politik Uang dan Suap

Kategori :