Dua Ruas Tol Trans Sumatera Segera Rampung, Bantu Tingkatkan Konektivitas Antar Daerah

Selasa 09-07-2024,14:52 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memastikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus dilanjutkan. 

Dua proyek JTTS yang masuk dalam pembangunan Tahap I telah menunjukkan progres yang signifikan. 

Ada Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin (36 km) di Provinsi Sumatra Barat dan Tol Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi I Padang Tidji- Seulimum (25 km) di Provinsi Aceh. 

BACA JUGA:Gempa Bumi Magnitudo 4,4 Guncang Batang Rusak 240 Rumah, BNPB: 13 Orang Luka-luka

BACA JUGA:Begini Komentar Manager SPBU Labuan Bajo Soal Antrean BBM

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan ketersediaan lahan untuk pembangunan kedua jalan tol ini sudah hampir selesai, sehingga untuk proses konstruksi diharapkan dapat berjalan lancar. 

“Hutama Karya menargetkan dua ruas ini dapat segera rampung di Kuartal III dan IV tahun 2024, sehingga konektivitas dan mobilitas antar provinsi akan semakin lancar,” ujar Adjib pada Selasa, 9 Juli 2024. 

Lebih rinci, Adjib menjelaskan hingga akhir Juni, progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Padang - Sicincin bertumbuh mencapai 96,68 persen, dengan progres konstruksi mencapai 67,20 persen. 

Lalu pada periode yang sama, untuk progres pengadaan lahan Jalan Tol Ruas Sigli - Banda Aceh Seksi I Padang Tidji - Seulimum sudah mencapai 76,65 persen, terhadap Penetapan Lokasi (Penlok) lama dan tambahan. 

Jalan Tol Padang-Sicincin akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur seperti 1 simpang susun, 3 gerbang tol, dan jumlah lajur 2x2 pada tahap awal. 

BACA JUGA:Pegi Setiawan Bebas Keluarga Vina Cirebon Kini Pasrah, Kuasa Hukum Minta Polda Jabar Tak Ceroboh

BACA JUGA:Haru! Sang Ibu Bersyukur Pegi Setiawan Kini Bebas dari Jeratan Polda Jabar: Kasihan Pegi Sudah Terlalu Menderita

Rencana kecepatan pada ruas ini mencapai 80 km per jam yang dapat mempersingkat waktu perjalanan dari Padang menuju Sicincin dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit dan berpotensi bagi pengembangan daerah sekitar. 

Sementara Jalan Tol Sigli - Banda Aceh memiliki panjang keseluruhan total 74 km yang kemudian terbagi menjadi 6 Seksi. 

Lalu untuk kenyamanan bagi pengguna jalan tol, Hutama Karya juga tengah membangun 4 buah Rest Area yang ditargetkan rampung pada kuartal III mendatang. 

Kategori :