Mengenal Hiperpigmentasi dan Cara Mengatasinya, Masalah Warna Kulit yang Tak Merata

Minggu 14-07-2024,13:42 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID – Punya masalah kulit hiperpigmentasi, seperti bintik hitam, warna kulit tidak merata hingga noda bekas jerawat memang bikin tak percaya diri.

Dikutip dari La Roche-Posay, hiperpigmentasi adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum dan kompleks untuk diatasi.

BACA JUGA:Penting Kenali Jenis dan Kondisi Kulit Wajah Sebelum Pilih Skincare, Ini Caranya

1 dari 2 orang mengalami gangguan pigmentasi, dan hal ini memberikan dampak besar pada kualitas hidup sehari-hari.

“MELA B3 Serum dengan Melasyl™ dan 10% Niacinamide, inovasi dermatologis untuk membantu melawan pigmentasi dengan manfaat yang memberikan hasil nyata sejak minggu pertama penggunaan,” kata Pandu Brodjonegoro, Marketing Director, L‘Oréal Dermatological Beauty, Indonesia. 

BACA JUGA:Berburu Produk Skincare di Jakarta Fair Aja Yuk, Lengkap dan Harga Lebih Murah, Cek Lokasinya!

Masalah dan Dampaknya terhadap Kualitas Hidup

Melanin adalah komponen penting dalam kulit yang melindungi sel-sel kulit dari sinar UV yang berbahaya dan memberikan warna alami pada kulit.

Namun, produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, perubahan warna kulit hingga bintik hitam.

Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi kulit yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap di beberapa bagian yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih.

BACA JUGA:Terkuak! Fuji Ternyata Sempat Ribut dengan Haji Faisal Gegara Terus Belain Mantan Managernya

Melanin berlebih terkait sangat erat dengan inflamasi.

Saat inflamasi terjadi karena paparan terhadap sinar UV, usia, genetika, polusi atau prosedur tertentu, hal ini menstimulasi produksi melanin.

Stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas menyebabkan inflamasi kronis dan pergerakan melanin ke permukaan kulit.

Saat terakumulasi dan menetap, hiperpigmentasi yang terlihat dapat mengganggu warna dan kecerahan kulit.

Kategori :