Mengenal Hiperpigmentasi dan Cara Mengatasinya, Masalah Warna Kulit yang Tak Merata

Minggu 14-07-2024,13:42 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

BACA JUGA:Pakai Skincare Moisturizer, Afgan Ditunjuk Sebagai Brand Ambassador Somethinc

Kondisi kulit hiperpigmentasi dapat dialami oleh semua orang, terutama mereka yang tinggal di daerah tropis dan sering terpapar sinar matahari.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu produksi melanin berlebih sehingga menghasilkan kondisi hiperpigmentasi, yakni paparan sinar matahari, yang dapat mengakibatkan timbulnya bintik hitam pada kulit; inflamasi yang terjadi pada kulit yang menimbulkan bekas jerawat atau bekas luka; dan faktor genetik serta prosedur terhadap kulit yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata.

“Kondisi kulit hiperpigmentasi seringkali tidak kita sadari, dan bahkan sering juga disepelekan. Banyak orang yang beranggapan bahwa hiperpigmentasi masalah kulit yang biasa-biasa saja, padahal jika tidak ditangani dengan tepat, dalam jangka panjang kondisi kulit hiperpigmentasi dapat mengganggu kualitas hidup pasien sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk tidak hanya merawat kondisi hiperpigmentasi, tetapi juga mencegah sebelum hiperpigmentasi muncul di kulit,” jelas Dermatologist dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV.

BACA JUGA:Banjir Diskon, Indah Semangat Datang ke Jakarta Lebaran Fair Demi Beli Skincare

Masalah pigmentasi mempengaruhi kualitas hidup. Pada kualitas hidup, bagaimana pasien merasa diperlukan oleh orang lain dan orang terdekatnya.

22% merasa kurang disayang oleh teman dan keluarga

19% merasa telah membuat malu keluarga dan kerabat

20% merasa dijauhi oleh pasangan

22% merasa dirinya dilihat tidak bersih

21% merasa dijauhi oleh banyak orang di ruang publik

23% merasa diperlakukan berbeda dari anggota masyarakat tanpa kondisi kulit hiperpigmentasi

21% merasa didiskriminasi di tempat kerja

BACA JUGA:Pakai Skincare Moisturizer, Afgan Ditunjuk Sebagai Brand Ambassador Somethinc

 “Mengingat hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi yang sulit ditangani, maka sangatlah penting memiliki sebuah rutinitas yang komprehensif dan fotoproteksi yang sistematis untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan juga selalu menyertakan pemakaian sunscreen dalam rutinitas tersebut untuk perlindungan kulit wajah,” ujar dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV.

 

Kategori :