Terus Perluas Pasar UMKM, Erick Thohir Menambah Vending Machine Kelolaan Perum Perhutani

Senin 15-07-2024,21:18 WIB
Reporter : Candra Pratama
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID -- Menteri BUMN RI Erick Thohir terus membantu memperluas pasar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan etalase vending machine yang beroperasi otomatis selama 24 jam penuh.

Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga bersama Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN Rachman Ferry Isfianto dan Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro meresmikan Vending Machine dan UMKM Corner milik Perum Perhutani di Graha Perhutani, Jakarta Selatan, Senin 15 Juli 2024.

BACA JUGA:Usai Diamuk Petani dan Viral, Perum Perhutani Lakukan Penanaman Kembali Bunga Rawa di Ranca Upas

BACA JUGA:Erick Thohir Dorong Pertamina Sebagai BUMN Kelas Global

Inisiatif itu bertujuan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan produk UMKM kapan saja dan dimana saja.

"Langkah ini adalah terobosan dari pak Erick Thohir sebagai bagian dari upaya untuk terus mendukung UMKM dalam mengembangkan pasarnya. Pak Erick kalo ketemu UMKM selalu ditanya bagaimana solusi membantu market UMKM agar bisa masuk lingkup BUMN," ujar Arya dalam keterangan yang diterima pada Senin, 15 Juli 2024.

Maka dari itu, lanjut Arya, pihaknya fasilitasi produk UMKM dapat masuk Vending Machine yang dikelola oleh BUMN.

"Semoga ini menjadi added value untuk bagi UMKM dan juga Perhutani apalagi di era sekarang marketing mulai bergeser, produk yang menjemput calon pembeli, UMKM kita bantu supaya produk andalannya ada di etalase yang dekat dengan masyarakat, " harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perhutani Wahyu Kuncoro menjelaskan, bahwa Perhutani berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa hutan dan mengoptimalkan manfaat hutan produksi bersama.

BACA JUGA:Pertamina Raih Penghargaan BUMN dengan Belanja B2B Terbaik untuk UMKM pada Tahun 2023

BACA JUGA:Selamat! Prilly Latuconsina Ditunjuk Erick Thohir Jadi Expert Panel Yayasan BUMN Bidang Lingkungan

"Perhutani melakukan banyak cara untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat desa hutan, salah satunya melalui UMKM. Peresmian ini merupakan langkah nyata kami dalam meningkatkan daya jual produk UMKM, utamanya produk hasil pemanfaatan hutan," ungkap Wahyu.

Sebagai informasi, Vending Machine dan UMKM Corner Perum Perhutani menyediakan berbagai produk kopi hasil binaan UMKM dari berbagai daerah.

Mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Kopi yang ditawarkan terdiri dari berbagai varietas dari spesies kopi robusta, excelsa, liberica, dan arabika hingga kreasi kopi okra.

Hingga kini, Perhutani bersama masyarakat desa hutan telah mengembangkan budidaya kopi di areal seluas 43.143 Ha yang tersebar di 32 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perhutani, dengan dukungan 518 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan 75.872 petani.

Kategori :