Ternyata Begini Lho Proses Pemandian Kereta Commuter, Gunakan Bahan Ramah Lingkungan

Minggu 21-07-2024,12:11 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

Pada cuci harian, layanan ini dikerjakan setiap malam hari dengan waktu durasi pekerjaan sekitar 45 menit per rangkaian oleh satu tim. 

Cuci harian ini dilakukan dengan pembersihan interior dan eksterior badan KRL yang dilakukan di 3 Depo KRL (Depo Depok, Depo Bogor dan Depo Bukit Duri) serta di 8 tempat stabling KRL (Stasiun Bekasi, Cikarang, Parungpanjang, Serpong, Rangkasbitung, Tanah Abang, Jakarta Kota dan Stasiun Tangerang).  

BACA JUGA:Kesempatan Emas! Institut Teknologi PLN Kembali Buka Pendaftaran Gelombang Reguler 2024-2025

BACA JUGA:Sandi Harian Hamster Kombat dan Kode Morse Hari ini 21 Juli 2024, Klaim REWARD dan Kumpulkan Jutaan Koin Gratis!

Pest Control atau penyemprotan cairan untuk menghilangkan hama dan serangga juga secara rutin dilakukan di seluruh rangkaian KRL setiap minggunya. 

Untuk proses cuci besar, setiap bulannya KAI Commuter juga rutin melakukannya pada seluruh rangkaian KRL yang beroperasi oleh tim di seluruh Depo KRL dengan durasi pekerjaan sekitar 3-4 jam per rangkaian KRL. 

Selain cuci harian, pada proses cuci besar ini juga dilakukan pemolesan lantai KRL dengan mesin poles untuk menjaga kebersihan dan keawetan lantai kereta.

Setiap bulannya, KAI Commuter juga secara khusus melakukan cuci bogie atau cuci yang dilakukan pada bagian rangka tempat dudukan roda KRL. 

BACA JUGA:Megawati Hangestri Sabet Juara MVP Proliga 2024: Dream Comes True!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kedai Bakmi Enak di Jakarta, Murah dan Dijamin Bikin Ketagihan!

Proses cuci bogie ini dilakukan secara berbarengan dengan perawatan bulanan sarana KRL yang dilakukan di Depo KRL. 

Seperti kendaraan darat lainnya, sarana KRL juga dilakukan cuci salonisasi dengan treatment atau perawatan khusus. 

Pada proses tersebut dilakukan perawatan kebersihan secara rutin tiap tahunnya dengan melakukan pemolesan pada interior dan eksterior KRL dengan cairan pembersih khusus untuk perawatannya. 

Pada cuci salonisasi ini, petugas akan secara lebih detail melakukan perawatan kebersihannya, dan membutuhkan waktu selama 1 -2 jam pada setiap keretanya.  

Joni juga menyatakan bahwa pada proses pencucian KRL ini menggunakan air yang berasal dari tanah sumur bor dengan dilakukan proses filterisasi. 

BACA JUGA:Momen Dramatis Detik-Detik Megawati Hangestri Jadi Penentu Kemenangan BIN, Ini Daftar Lengkap Juara Proliga 2024

Kategori :